Sukses

Bau Bekas Memasak di Dapur Lenyap dengan Cara ini

Liputan6.com, Jakarta Memasak adalah kegiatan pokok yang biasa dilakukan sehari-hari di rumah guna memenuhi kebutuhan pangan semua penghuninya. Sayangnya, berbagai jenis bahan makanan yang dimasak seringkali menimbulkan bau yang tidak sedap.

(Baca juga: Cara Menghilangkan Bau Asap di Dapur Tak Berjendela)

Acapkali setelah selesai memasak, aroma yang berbau kurang sedap masih menyebar ke seluruh ruangan. Hal ini tentu saja mengganggu, apalagi jika kita sedang kedatangan tamu. Sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda coba untuk menghilangkan aroma yang kurang sedap di dapur tanpa harus berhenti memasak.

Simak langkah-langkah yang dirrangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Buka Jendela

Sebelum memulai memasak, buka seluruh jendela di dapur dan arahkan kipas angin ke jendela yang terbuka. Anda juga bisa menyalakan penyerap udara (exhaust fan) jika memilikinya agar asap dari masakan cepat terserap dan melebur di udara. Anda juga bisa membuka bagian depan AC di dapur agar ada celah udara yang tebuka.

2. Tutupi Area Memasak

Jika dapur Anda berdampingan langsung dengan sebuah ruangan, tutup pintu tersebut agar baunya tidak masuk ke ruangan tersebut. Hal ini berlaku untuk seluruh ruangan-ruangan yang ada di rumah.

3. Gunakan Roti Panggang

Selain rasanya yang sedap roti panggang juga bisa dimanfaatkan untuk menyerap permukaan benda-benda di dapur yang baunya tidak sedap.

Jika memiliki kertas roti di rumah, taburkan mentega, bubuk kayu manis, dan gula di atas kertas tersebut kemudian panggang di dalam oven selama satu jam. Campuran ini akan membuat dapur Anda kembali memiliki aroma yang sangat sedap.

4. Didihkan Cuka

Buat campuran yang terdiri dari satu sendok makan cuka dan 1 cangkir air di dalam panci kemudian didihkan. Anda juga bisa menambahkan kulit jeruk atau beberapa batang kayu manis untuk memberikan aroma yang manis dan alami.

5. Siapkan Mangkuk Baking Soda

Baking Soda bisa menjadi bahan yang sempurna untuk menyerap asam di udara. Taburkan di beberapa sudut dapur atau sediakan satu buah mangkuk berisikan baking soda atau biji kopi dan diamkan selama semalaman di atas meja dapur. Bahan-bahan ini ampuh untuk menyerap berbagai aroma yang tidak enak di dalam dapur.

6. Lilin Aromaterapi

Salah satu cara lain yang mudah dan cepat adalah menyalakan beberapa lilin aromaterapi. Pilih aroma yang cukup netral dan menyegarkan seperti citrus atau lemon. Namun ingat, lilin aroma ini hanya bersifat membantu, Anda tetap harus membersihkan dapur dengan tuntas agar bau di dapur tidak bercampur dengan lilin aromaterapi.

7. Arang di Tempat Sampah

Tempat sampah di dapur disediakan untuk membuang sisa makanan. Dan supaya sisa makanan yang berada di dalam tempat sampah tidak mengeluarkan bau yang tidak sedap gunakanlah arang. Ingat, letakkan tempat sampah di dekat pintu agar sampah tidak lembab dan terbebas dari bau.

Tertarik ingin memiliki rumah dengan DP dan cicilan per bulan yang ringan di kantong? Simak puluhan pilihan perumahannya disini.

Foto: Pexels

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cek 8 Perabotan Dapur yang jadi Sarang Kuman!
Artikel Selanjutnya
5 Ide Brilian Manfaatkan Teh Celup Bekas