Sukses

Kiat Mudah Gelar Pesta Hajatan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua orang menggelar acara pentingnya seperti akad nikah, syukuran keberangkatan haji, atau aqiqah anak yang baru lahir dengan menyewa gedung atau taman, bahkan sampai menggunakan jasa Event Organizer. Bisa jadi mungkin karena ada pertimbangan lain seperti biaya atau tempatnya sudah fully booked.

Akhirnya rumah jadi pilihan sebagai tempat untuk menyambut tamu yang datang. Untuk menyambut tamu seperti keluarga dan rekan terdekat di rumah, Anda cukup memasang tenda dan memberi dekorasi sederhana pada ruang keluarga.

(Baca juga: Persiapkan Ini Bila Hendak Membuat Pesta Pernikahan di Rumah)

Namun, bagaimana jika rumah Anda berukuran kecil dan mungil? Untuk itu simak tips membuat pesta hajatan di rumah ala Rumah.com berikut ini.

Tamu Undangan

Hal pertama yang perlu Anda perhatikan ialah jumlah tamu yang ingin diundang. Jangan sampai tamu berdesak-desakan dan merasa kurang nyaman saat bercengkrama sembari menikmati sajian yang disediakan.

Anda bisa memindahkan furnitur besar seperti laci, televisi, sofa dan meja ke ruangan lain agar ruang tamu dan teras menjadi lebih lapang.

Renovasi Kecil

Jika ingin melakukan sedikit renovasi, tidak ada salahnya mengecat ulang dinding interior dan eksterior rumah. Rapikan taman dan potong rumput yang sudah kelihatan tinggi. Lakukan renovasi kecil ini setidaknya seminggu sebelum hari hajatan agar rumah nampak lebih indah dan bersih.

Dekorasi

Beralih ke bagian dekorasi, Anda bisa memilih jenis dekorasi yang sesuai dengan tema atau acara yang diselenggarakan. Misalnya untuk acara akad nikah, pasang tenda dengan lampu gantung di bagian tengahnya. Anda juga bisa mengaplikasikan bunga potong segar agar pesta menjadi lebih semarak.

Waktu Acara

Jika Anda mengadakan pesta di malam hari atau di taman rumah, beri pencahayaan yang cukup dengan lampu dekorasi. Kemudian untuk memastikan taman bebas dari serangga, Anda bisa menyemprotkan obat anti serangga atau menghadirkan wewangian seperti lavender dan citronella untuk menjauhkan serangga.

Sedangkan jika acara berlangsung pada siang hari, siapkan pendingin udara, kipas angin besar, atau blower untuk membuat ruangan terasa tetap sejuk meskipun banyak orang yang berkumpul.

Denah Penataan

Jika Anda menggunakan jasa dekor, jangan ragu meminta bantuan mereka untuk membuat penataan denah acara yang ideal. Perkirakan jalur keluar masuk tamu agar tidak terjadi penumpukan atau kemacetan di satu area.

Ini sangat penting ketika Anda menyediakan meja prasmanan dan snack. Pisahkan pula pintu keluar dan pintu masuk bagi tamu.

Parkir dan Perizinan

Banyaknya tamu yang berkunjung dalam satu waktu membuat lahan parkir menjadi hal pertama yang perlu Anda perhatikan. Siapkan lahan kosong yang terdekat dari hunian untuk menjadi tempat parkir para tamu. Kemudian tempatkan beberapa orang untuk menjaga keamanan lingkungan parkir.

Anda bisa berkonsultasi dan meminta izin dari pihak berwenang seperti RT dan warga setempat untuk turut membantu dan memaklumi keramaian yang terjadi selama acara berlangsung.

Tentunya bikin pesta di rumah akan lebih mudah jika ukuran rumahnya besar. Nah, jika Anda tengah berencana untuk memiliki rumah yang berukuran besar, simak puluhan pilihannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Jalin Persatuan, 2.500 Orang Meriahkan Sathora Fun Walk
Artikel Selanjutnya
Lomba Unik Polisi Berhadiah Cuti 3 Hari