Sukses

Baju Kelunturan? Simak Tiga Cara Mengatasinya!

Liputan6.com, Jakarta Mencuci pakaian sering dianggap mudah. Padahal sedikit kesalahan dalam mencuci dapat menyebabkan pakaian rusak, salah satunya luntur.

Kelunturan umumnya terjadi karena kita mencampurkan pakaian berwarna pada satu wadah. Warna pakaian yang tidak solid dapat keluar dari kain dan mewarnai pakaian lain.

Jika hal ini terjadi pada Anda, jangan langsung buru-buru membuang pakaian yang kelunturan. Sebab, luntur pada pakaian dapat dihilangkan atau paling tidak dikurangi. Ikuti tiga tips berikut dari Rumah.com.

Pakaian putih

Jika pakaian yang kelunturan berwarna putih, Anda bisa membersihkan dengan bantuan cuka dan deterjen anti noda, serta pemutih pakaian.

Caranya mudah, campurkan air, deterjen, dan pemutih pakaian. Setelah air tercampur, larutkan cuka ke dalamnya. Takaran cuka bisa Anda perkirakan misalnya, sebanyak satu tutup botol pemutih. Aduk-aduk larutan tersebut, lalu rendam pakaian putih yang kelunturan ke dalam campuran larutan tersebut.

Diamkan selama kurang lebih 30 menit. Setelah itu bilas dan rendam pakaian pada ember berisi air bersih. Voila! Noda luntur sudah tak terlihat lagi.

Pakaian berwarna

Untuk pakaian berwarna yang terkena luntur, hindari membersihkan noda luntur dengan pemutih. Pemutih pakaian dapat menyebabkan warna baju menjadi kusam dan tidak cerah. Untuk mengatasinya, Anda perlu menyiapkan beberapa peralatan berikut: panic, air, dan deterjen.

Caranya, siapkan panci berisi air. Larutkan deterjen anti noda ke dalamnya. Kemudian rebus larutan tersebut hingga mendidih. Setelah larutan mendidih, rendam baju yang kelunturan (posisi kompor masih menyala).

Aduk-aduk pakaian menggunakan tongkat kayu. Tunggu hingga air mulai terlihat keruh. Artinya, noda luntur sudah terurai. Setelahnya, matikan kompor dan tunggu sampai air dingin sambil terus mengaduk. Setelah itu bilas pakaian dengan air bersih.

(Simak juga: Tips Merapikan Pakaian dalam Lima Menit)

Pakaian Batik

Untuk pakaian batik yang kelunturan cenderung lebih sulit untuk mengembalikan warna pakaian. Perawatan kain batik biasanya menggunakan lerak yang harganya cukup mahal. Namun Anda bisa menggunakan cara lain yang lebih ramah bujet.

Pakaian batik yang luntur bisa Anda atasi dengan merendamnya ke dalam air kelapa. Lakukan perendaman selama satu malam. Setelah direndam satu malam, bilas dan cuci batik dengan deterjen. Pakaian batik Anda sudah bersih seperti semula.

Tertarik punya rumah dengan harga di bawah Rp500 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

FOTO: PIXABAY.COM

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Pusing dengan Pakaian Kotor yang Menggunung? Ini Solusinya
Artikel Selanjutnya
16 Benda di Rumah Anda yang Punya Kekuatan Pembersih Ajaib