Sukses

Tiga Langkah Bersihkan Noda Minyak di Peralatan Dapur

Liputan6.com, Jakarta Dapur merupakan area yang tak lepas dari minyak. Hampir semua aktivitas memasak di dapur seperti menggoreng, menumis, memanggang menggunakan minyak goreng atau mentega.

Cipratan minyak saat memasak pada akhirnya meninggalkan noda di area dapur dan peralatan memasak. Noda minyak jauh lebih sulit dibersihkan dibanding noda lain karena sifatnya yang tidak bisa menyatu dengan air sehingga tak bisa dibersihkan sembarang.

Jika sekadar dibersihkan dengan lap akan meninggalkan bekas lengket. Untuk mengantisipasinya ada beberapa trik dari Rumah.com yang bisa Anda tiru seperti berikut.

Noda Minyak pada Kompor

Kompor sering kali berminyak karena terkena cipratan-cipratan minyak saat memasak. Untuk membuat kompor kembali bersih, Anda bisa mencoba membersihkannya dengan bantuan minyak tanah. Caranya mudah, basahi kain lap dengan minyak tanah. Lalu, gosokkan pada bagian kompor yang berminyak.

Setelah dilap, diamkan selama 10-15 menit. Terakhir lap kembali dengan kain lap baru yang kering. Dijamin noda minyak goreng akan hilang dan kompor akan terlihat bersih dan mengkilap.

Penggunaan minyak tanah dipilih karena sifatnya yang lebih kesat dibanding minyak goreng sehingga dapat mengangkat noda minyak goreng.

Noda Minyak pada Lantai Dapur

Lantai dapur tak luput dari cipratan minyak. Membersihkan noda minyak di lantai dengan cara mengepelnya justru berisiko membahayakan orang.

Sebab, lantai yang terkena minyak jika bercampur air akan menjadi sangat licin. Cara terbaik untuk membersihkan noda minyak pada lantai yaitu dengan bantuan tepung terigu.

Taburkan terigu pada lantai yang terkena noda, lalu ratakan terigu ke seluruh lantai sehingga Anda tak perlu menggunakan terlalu banyak terigu. Terigu ini berfungsi untuk menyerap minyak. Diamkan selama 10-15 menit, lalu lap dengan kain kering. Lantai akan bersih kembali dan tidak lengket.

(Simak juga: 7 Langkah Mudah Menata Dapur)

Noda Minyak pada Dinding Dapur

Bagian dinding ini seringkali terkena cipratan minyak saat memasak. Masalahnya tak seperti lantai atau perkakas yang memiliki permukaan licin, dinding memiliki permukaan yang kesat sehingga minyak lebih mudah meresap.

Untuk membersihkannya Anda bisa menggunakan kain lap yang dibubuhi sabun cuci piring. Gosok perlahan pada dinding yang terkena noda, hingga noda minyak hilang. Lalu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan lap kering.

Pembersihan noda minyak pada dinding sebaiknya dilakukan sesegera mungkin agar minyak tidak terlanjur meninggalkan bekas di dinding.

Tertarik punya rumah dengan harga di bawah Rp500 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

FOTO: PIXABAY.COM

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Aluminium Foil Ternyata Banyak Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Rumah ‘Tampak’ Bersih Secepat Kilat dalam 5 Langkah