Sukses

Mau Bikin Ruang Tamu Terlihat Mewah? Ini Rahasianya!

Liputan6.com, Jakarta Ruang tamu merupakan salah satu area komunal sebagai tempat untuk menyambut kedatangan tamu pertama kali. Dan sebagai seorang tuan rumah yang baik tentunya Anda ingin memberi kesan yang nyaman dan menyenangkan bagi siapapun yang berkunjung ke rumah Anda.

Sayangnya, banyak orang berpikir ulang untuk merenovasi ruangan ini. Selain biayanya yang besar, Anda juga harus bisa memilih tema yang sesuai. Padahal, merenovasi ruang komunal yang satu ini tidak harus merogoh kocek dalam-dalam, kok!

(Baca juga: Ini yang Harus Diperhatikan pada Ruang Tamu Minimalis!)

Ingat, mengganti furnitur seperti sofa dan meja baru tidak menjamin ruang tamu Anda tampil lebih mahal. Untuk memberi sentuhan mewah dan berkelas pada ruang tamu tanpa harus menguras bujet, simak tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Pemilihan Lampu Hias

Pencahayaan menjadi salah satu dekorasi yang bisa memberi faktor ‘wow’ pada sebuah ruangan. Anda bebas menentukan pilihan untuk lampu meja, lampu gantung, atau bahkan lampu tempel di dinding.

Jika ingin memberi kesan dramatis pada ruangan, jangan ragu memilih lampu gantung atau chandelier berbahan kristal berukuran besar. Kilauan yang terpantul dari lampunya bisa memberi kesan mewah pada ruangan.

2. Kaca Dinding

Cermin kaca merupakan aksesori yang sering dimanfaatkan untuk memantulkan cahaya sekaligus membuat ruangan tampak luas dan berkilau. Memberi aplikasi cermin kaca pada dinding ruang tamu bisa membuat ruang tamu Anda terkesan mewah.

Gantungkan satu buah cermin berukuran besar di atas sofa atau credenza untuk menjadi pusat perhatian di ruangan. Jika Anda lebih suka kaca berukuran kecil, padu padankan sekelompok cermin kaca untuk memberi efek mewah yang serupa.

3. Pajangan Seni

Ketika memilih pajangan apa yang ingin digantung pada dinding ruang tamu, jangan ragu memilih lukisan berbingkai yang berukuran besar. Pajangan seni yang besar memberi kesan mahal dan artistik.

Mencari pajangan yang berharga murah namun berkesan mahal mungkin menjadi tantangan tersendiri. Solusinya, Anda bisa mengunduh grafis seni bebas loyalti yang tersedia di sejumlah website. Anda juga bisa mencari lukisan vintage di pasar loak yang kualitasnya tak kalah bagus.

4. Karpet Besar

Karpet menjadi ornamen pelengkap ruangan, tak terkecuali untuk ruang tamu Anda. Untuk itu pilihlah karpet yang memberi kesan elegan dan membuat ruangan Anda terkesan lega. Paduan warna warni dan permukaan yang berbulu membuat tamu yang berkunjung merasa nyaman memijakkan kakinya.

Untuk menghemat bujet, Anda bisa mencari material seperti woven yang lebih murah namun memiliki tekstur permukaan yang lembut.

5. Gordyn yang Panjang

Salah satu elemen yang membuat ruangan Anda nampak luas dan mewah ialah kehadiran gordyn yang tepat. Semakin panjang ukuran gordyn maka akan memberi kesan plafon yang tinggi. Sementara itu pilihan kain yang tebal dengan warna yang elegan memberi sentuhan mewah pada ruangan.

6. Sarung bantal mewah

Ada banyak pilihan sarung bantal dengan warna dan jenis kain di pasaran, namun berinvestasilah dengan membeli sarung bantal yang berkualitas. Selain sifatnya yang tahan lama, kehadirannya bisa memberi sentuhan mewah pada sofa.

Pilih material kain seperti katun linen metalik, satin, atau bahkan bulu imitasi. Pilihan bahan ini tidak hanya memberi kesan mahal namun melengkapi tampilan stylish pada perabot Anda.

7. Aksesoris minimalis berukuran besar

Beri sentuhan akhir ruang tamu dengan aksesoris, seperti kerajinan tangan kayu ukir atau vas besar berisi bunga imitasi. Semakin besar ukurannya akan semakin memberi siluet artistik. Mereka juga dapat mengalihkan pandangan dari benda atau furnitur lain yang cacat pada ruangan.

Berniat mendekorasi ruang tamu Anda? Atau ingin mengaplikasikannya di rumah baru Anda? Sebelumnya simak dulu aneka pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua