Sukses

Cara Kreatif Mendekorasi Rumah dengan Batu-batuan

Liputan6.com, Jakarta Menggunakan batu kali sebagai bagian desain untuk eksterior rumah Anda memang salah satu pilihan yang tepat karena bisa jadi dekorasi yang indah. Selain memberikan kesan yang alami, batu kali juga bisa menjadi pilihan yang ekonomis karena mudah di dapat serta hanya membutuhkan sedikit pemeliharaan.

(Baca juga: Tips Merawat Batu Alam pada Dinding dan Lantai)

Tidak hanya untuk dekorasi eksterior rumah, Anda pun bisa berkreasi dengan batu-batu tersebut sebagai dekorasi interior rumah Anda dengan menempatkannya di berbagai tempat. Simak beberapa ide kreatif yang dirangkum oleh Rumah.com berikut ini.

1. Sebagai Alas Piring

Anda bisa mengombinasikan batu dengan berbagai ukuran dan warna, namun jika tetap ingin terlihat sederhana buatlah dalam satu warna.

Buat meja makan menjadi lebih semarak dengan membuat alas piring dari batu kali. Agar meja tidak tergores, tempelkan batu-batu tersebut dengan jaring di bagian bawahnya. Anda bisa mengombinasikan batu dengan berbagai ukuran dan warna, namun jika tetap ingin terlihat sederhana buatlah dalam satu warna.

2. Sebagai Keset

Pastikan keset tersebut memiliki lubang di bagian belakangnya agar air tidak mengendap.

Tidak hanya sebagai alas piring, Anda juga bisa menggunakan batu kali ini sebagai keset atau alas kaki di depan pintu masuk rumah atau pintu kamar mandi. Gunakan batu yang lebih besar dan rekatkan batu-batu tersebut di atas keset polos berbahan silikon. Dan pastikan keset tersebut memiliki lubang di bagian belakangnya agar air tidak mengendap.

3. Menjadi Pot Tanaman

Anda mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama karena untuk menyelesaikannya membutuhkan perhatian yang detil.

Ingin membuat pot dengan tekstur batu kali? Caranya mudah, Anda hanya membutuhkan pot tanaman polos, lem tembak, dan batu kali. Rekatkan batu satu persatu mulai dari bagian dasar pot. Anda mungkin akan membutuhkan waktu yang sedikit lebih lama karena untuk menyelesaikannya membutuhkan perhatian yang detil.

4. Memperbaharui Cermin

Bila selama ini cermin yang ada di rumah hanya terbuat dari bingkai kayu, tambahkan batu kali di sekelilingnya agar terlihat unik dan alami.

Di dalam rumah, batu kali juga bisa digunakan untuk meng-upgrade perabotan yang sudah ada. Misal bila selama ini cermin yang ada di rumah hanya terbuat dari bingkai kayu, tambahkan batu kali di sekelilingnya agar terlihat unik dan alami.

5. Di Taman Rumah

Batu kali akan bersanding serasi dengan semua tanaman dan bunga di sekitarnya sehingga Anda dan anggota keluarga juga lebih semangat ketika mengeksplorasi taman.

Batu kali memang paling sering digunakan di bagian luar rumah. Salah satu cara yang sering ditemui adalah menggunakan batu kali sebagai alas untuk berjalan di atas kebun (stepping stones) . Batu kali akan bersanding serasi dengan semua tanaman dan bunga di sekitarnya sehingga Anda dan anggota keluarga juga lebih semangat ketika mengeksplorasi taman.

6. Sebagai Hiasan Dinding

Anda juga bisa menggunakan kumpulan batu kali yang sudah dalam bentuk segi empat. Selain lebih mudah dalam pemasangannya biasanya batu kali tidak memiliki harga yang mahal.

Batu kali juga dapat digunakan sebagai hiasan pada dinding. Kombinasikan dengan ruangan yang sesuai seperti dinding keramik di dapur. Anda juga bisa menggunakan kumpulan batu kali yang sudah dalam bentuk segi empat. Selain lebih mudah dalam pemasangannya biasanya batu kali tidak memiliki harga yang mahal.

7. Alas Sepatu Bot

Anda bisa siapkan sebuah baki yang sudah diberikan batu kali di atasnya. Kemudian letakkan sepatu bot di tempat tersebut.

Sering menggunakan sepatu boot di rumah ketika hujan atau berkebun? Biasanya bagian bawah sepatu boot akan dipenuhi dengan kotoran seperti tanah dan basah. Sebelum dibawa masuk ke dalam rumah, Anda bisa siapkan sebuah baki yang sudah diberikan batu kali di atasnya. Kemudian letakkan sepatu bot di tempat tersebut.

Tertarik untuk mempraktekkannya di rumah baru Anda? Sebelumnya, pilih dulu rumahnya. Dan di sini ada ratusan pilihan perumahan baru yang mungkin sesuai dengan Anda.

Foto: Homedit, Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
6 Trik Pintar Ubah Kamar Mandi Mungil di Rumah Jadi Mewah
Artikel Selanjutnya
Trik Hemat Ruang di Rumah Tipe 36