Sukses

Jurus Halau Kecoak agar Jauh-Jauh dari Rumah

Liputan6.com, Jakarta Memang menjengkelkan jika di dalam rumah terdapat banyak serangga, seperti kecoak. Serangga ini bagi sebagian orang memang menjijikkan karena biasanya tinggal di tempat yang kumuh, lembab, dan basah seperti kamar mandi ataupun WC.

Anda mungkin telah mencoba berbagai cara untuk mengusirnya. Namun tak lama kemudian makhluk ini biasanya akan datang lagi. Dan mungkin jumlahnya akan lebih banyak dari sebelumnya. Menggunakan pembasmi serangga di dalam rumah tentunya juga sangat berbahaya mengingat kandungan bahan kimia yang terkandung di dalamnya.

(Baca juga: Bahan Alami Pengusir Semut di Rumah)

Untuk itu berikut adalah beberapa cara alternatif dari Rumah.com yang bisa Anda coba, sehingga kecoa tidak betah di rumah.

1. Bersihkan Rumah

Bagian pertama yang harus dibersihkan di dalam rumah adalah dapur. Setelah makan, segera bereskan dan cuci piring Anda. Jagalah supaya tempat tersebut selalu bersih dari remah-remah dan ceceran makanan. Pel juga lantai rumah secara rutin. Kecoa juga menyukai minyak, beri perhatian lebih ketika membersihkan tungku kompor.

2. Tutup Rapat Tempat Makanan

Jika Anda terbiasa meletakkan makanan atau buah-buahan begitu saja di atas meja, maka biasakan untuk mulai menutup rapat wadah makanan karena aromanya akan menarik para kecoak untuk menghampiri.

Hal ini juga berlaku pada tempat sampah. Sebaiknya sediakan satu tempat sampah khusus yang memiliki penutup untuk membuang sisa makanan di rumah dan buang sampahnya secara rutin.

3. Gunakan Baking Soda

Tidak hanya bisa digunakan untuk memasak kue, baking soda juga bisa dimanfaatkan untuk membasmi kecoak. Buatlah campuran baking soda dan gula, kemudian letakkan campuran ini dalam mangkuk dan taburkan di area yang memiliki banyak kecoak. Kecoak akan tertarik dengan gula dan memakannya.

4. Buat Potongan Mentimun

Ingin menyingkirkan kecoak secara permanen? Cobalah untuk membuat perangkap mentimun berikut ini. Letakkan potongan mentimun di dalam kaleng aluminium kosong. Mentimun akan bereaksi dengan aluminium, sehingga menciptakan bau yang tidak disukai kecoa.

5. Perbaiki Sistem Pengairan di Rumah

Kecoak adalah hewan yang membutuhkan sumber air. Ia dapat hidup hingga satu bulan tanpa makanan, tetapi hanya dapat bertahan paling lama satu minggu tanpa air. Temukan semua titik kebocoran air dan perbaiki setiap kebocoran. Bila tidak ada sumber air, kecoak akan pergi mencari sumber di tempat lain.

6. Tutup Celah pada Tembok Rumah

Segera tutup retakan di bagian dinding luar rumah dan dalam rumah. Retakan ini biasanya menjadi tempat para kecoak bersembunyi dan berkembang biak. Hal ini juga termasuk semua retakan atau celah yang ada pada setiap lemari di dalam dapur.

Perhatikan juga kedua sisi pintu dan jendela, serta semua bukaan pipa di kamar mandi dan dapur.

7. Sediakan Larutan Sabun dan Air

Buatlah sebuah larutan encer dari sabun (misalnya sabun mandi) dan air. Air sabun bisa membunuh kecoak bila mengenai lapisan tipis yang menutupi pori-porinya yang digunakan kecoak untuk bernapas.

Itulah tips yang bikin kecoak tidak betah di rumah. Sebaliknya, bagaimana caranya agar Anda dan seluruh anggota keluarga betah di rumah? Puluhan pilihan perumahan di sini mungkin bisa jadi solusinya.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cara Mengusir dan Membersihkan Kecoak dari dalam Mobil
Artikel Selanjutnya
Dapur Bersih Tanpa Bantuan ART? Bisa!