Sukses

Murah, Tapi Tak Murahan: Dekorasi Rumah dari Barang Bekas

Liputan6.com, Jakarta Ada banyak cara untuk mendekorasi rumah Anda. Untuk mendapat tampilan rumah yang cantik tak harus selalu menggunakan atau membeli barang-barang baru. Anda juga dapat memanfaatkan barang yang ada atau barang bekas.

Coba lirik sudut-sudut rumah Anda. Apakah ada tumpukan majalah yang tak terpakai? Tutup-tutup botol bekas? Atau kancing-kancing baju? Jangan buang semua itu karena Anda masih bisa menggunakannya untuk dekorasi.

Dengan memanfaatkan barang-barang bekas, otomatis Anda akan menghemat bujet pengeluaran. Dikutip dari Rumah.com, berikut ini beberapa dekorasi rumah yang bisa Anda buat sendiri dengan memanfaatkan barang-barang bekas.

Bangku dari Majalah Bekas

Anda pasti memiliki tumpukan majalah bekas di rumah. Jika biasanya hanya Anda simpan di gudang atau diloakkan, mulai sekarang cobalah memanfaatkannya. Anda bisa menggunakan majalalah-majalah bekas untuk membuat sebuah bangku.

Anda hanya memerlukan alas kayu untuk tumpuan dasar, lem, majalah bekas, bantalan, dan pengikat (bisa juga gunakan ikat pinggang bekas). Caranya siapkan alas kayu, lalu tempelkan majalah pertama ke alas kayu dasar menggunakan lem yang kuat.

Tumpuk majalah selanjutnya satu per satu. Rekatkan setiap majalah menggunakan lem agar majalah tidak bergeser saat diduduki. Lapisi juga tiap-tiap pinggiran majalah dengan lem agar setiap halamannya tetap menempel.

Tinggi tumpukan majalah dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Terakhir, rekatkan bantalan pada tumpukan paling atas. Untuk menguatkan, gunakan pengikat. Anda bisa menggunakan ikat pinggang bekas sebagai pengikat. Bisa juga memesan tali pengikat khusus.

Cuma modal majalah bekas, dingklik atau kursi dapur tradisional, dan lem, Anda bisa punya kursi sendiri.

Kap Lampu Kancing Bekas

Ibu Anda yang hobi menjahit mungkin memiliki banyak sisa kancing bekas yang tak terpakai. Jika Anda memiliki lampu meja dengan kap, Anda bisa mengkreasikannya menjadi lebih unik. Lapisi kap lampu dengan kain putih.

Setelah semua tertutup, hias kap lampu dengan menempelkan kancing-kancing bekas yang berwarna-warni di atas kain putih pada kap lampu. Anda bisa menggunakan kombinasi warna kancing dengan ukuran yang berbeda-beda sehingga membuat tampilan lebih menarik.

Kancing baju yang warna-warni bisa menambah ceria rumah Anda.

Lampu Sendok Bekas

Ini salah satu cara membuat lampu hias yang paling sederhana. Siapkan lampu, botol bekas ukuran 1,5 liter, sendok plastik bekas, dan lem. Untuk menghias lampu yang Anda perlukan hanya bagian ujung sendok yang melengkung. Potong bagian bawah botol untuk digunakan sebagai kap lampu.

Hias botol dengan menempelkan ujung-ujung sendok menggunakan lem. Tempelkan teratur dengan jarak yang rapat sehingga menghasilkan tampilan lampu yang rapi. Setelah menutup semua bagian botol, tinggal masukkan lampu dan gantung ke langit-langit.

Jangan buang sendok plastik bekas arisan. Rangkai jadi kap lampu gantung.

Tatakan Gelas dari Tutup Botol Bekas

Tutup botol bekas banyak terbuang begitu saja. Padahal Anda dapat memanfaatkan untuk membuat beragam dekorasi, salah satunya tatakan gelas. Caranya mudah saja, Anda hanya perlu merangkai tutup-tutup botol menggunakan kawat. Bentuknya bisa disesuaikan.

Jika menginginkan nuansa vintage Anda bisa memilih tutup botol berwarna gelap atau tutup botol lama. Jika menginginkan yang lebih modern Anda bisa menggunakan tutup botol yang lebih berwarna.

Hadirkan kesan vintage lewat tatakan gelas dari tutup botol.

Kotak Penyimpanan

Untuk membuat kotak penyimpanan sederhana ini Anda membutuhkan beberapa kardus bekas. Anda bisa menggunakan kardus bekas packaging air mineral. Langkah pertama, buat pola dalam satu kardus.

Tentukan berapa banyak tempat penyimpanan yang Anda inginkan. Jika sudah terpola, potong/lubangi sesuai pola.

Selanjutnya, cetak pola pada kardus-kardus lain sehingga Anda menghasilkan potongan yang sama pada banyak kardus (Anda membutuhkan lebih dari 10 tumpuk kardus untuk membuat kotak).

Tumpuk kardus-kardus yang telah digunting dan rekatkan dengan lem sehingga membentuk kotak yang tinggi. Kotak ini dapat digunakan untuk menyimpan pulpen, agenda, kunci mobil, handphone, dan sebagainya.

(Simak juga: Tips Dekorasi Dinding Pengganti Wallpaper)

Lampu dari globe bekas

Boleh dibilang sejak adanya Google Maps dan aplikasi peta lainnya di smartphone Anda, globe atau bola dunia mulai ditinggalkan. Tapi tak berarti Anda harus membuangnya.

Kumpulkan beberap globe bekas, lalu belah dua—biasanya di bagian tengah globe ada pemisah yang dapat dibuka—lalu masukkan lampu pijar ke bagian dalamnya. Jangan lupa melubangi salah satu sudutnya sebagai tempat kabel lampu. Hasilnya, Anda akan memiliki lampu dunia yang cantik.

Kumpulkan globe yang tidak terpakai dan gunakan untuk lampu gantung.

Dekorasi tanpa banyak biaya ini tepat untuk diaplikasikan pada rumah minimalis. Tertarik memiliki rumah di bawah Rp500 Jutaan? Lihat puluhan pilihannya di sini.

FOTO: HIPWEE.COM, SARUNGPRENEUR.COM, TCHOCHKES.COM, EMLII.COM

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
7 Tips Ampuh agar Kamar Sempit Terlihat Luas ala Anak Kos
Artikel Selanjutnya
Trik Hemat Ruang di Rumah Tipe 36