Sukses

Tips Memaksimalkan Nuansa Alami di Rumah Mungil

Liputan6.com, Jakarta Siapa sih yang tak ingin memiliki hunian asri dan sejuk. Rumah dengan suasana alami dan dekat dengan alam akan menaikkan kualitas hidup penghuninya serta menambah rasa tenang.

Suasana sejuk yang dihadirkan pun membuat penghuni lebih sehat. Dinukil dari Rumah.com, berikut ini lima cara menghadirkan nuansa alam pada hunian Anda.

Menghadirkan Taman

Nuansa alam cenderung tak lepas dari peghijauan. Hadirkan taman atau pekarangan hijau pada hunian Anda. Taman dalam rumah tak harus luas, Anda bisa membuat taman hijau dengan memanfaatkan lahan-lahan terbatas.

Tanami taman dengan rumput hijau, serta penuhi dengan bunga-bunga dan tanaman lain. Percantik taman dengan lampu-lampu. Siang hari tanaman akan menghasilkan oksigen sehingga udara di sekitar hunian bertambah sejuk.

Selain itu tempatkan tanaman-tanaman dalam pot untuk menghias sudut-sudat dalam rumah Anda.

Penggunaan Material Alam

Untuk mendapatkan kesan alami, ada baiknya menggunakan material dari alam itu sendiri untuk membangun rumah Anda. Misalnya, menggunakan batu alam untuk dinding rumah bagian luar atau menggunakan batu kali pada dinding kamar mandi.

Selain itu Anda dapat menggunakan lantai parket untuk membuat kesan alami. Penggunaan material alam juga dapat diimplementasikan pada pemilihan material furnitur.

Misalnya, Anda bisa membiarkan ruang keluarga didominasi mebel-mebel yang berasal dari kayu mahoni atau akasia.

(Simak juga: Al-Saud Garden, Taman untuk Mengenang Kedatangan Raja Salman di Istana Bogor)

Membuat Kolam Ikan dan air terjun mini

Air merupakan salah satu elemen alam yang dapat membuat Anda rileks di rumah. Jika memiliki spot yang cukup serta bujet lebih, Anda bisa membuat kolam ikan atau air terjun mini di halaman rumah. Bunyi gemericik air akan menguatkan kesan natural pada hunian.

Adanya Bukaan yang Cukup

Perbanyak bukaan pada rumah Anda. Hal ini penting untuk mendapatkan udara dan cahaya matahari masuk secara alami. Udara dan sinar matahari merupakan unsur alami penting dalam sebuah hunian.

Perbanyak ventilasi agar sirkulasi udara selalu lancar. Anda juga dapat membuat void rumah yang lapang sehingga udara akan selalu menyesaki ruangan. Selain itu, Anda dapat membuat skylight agar saat siang hari cahaya matahari dapat menerawang masuk ke dalam rumah

Aplikasi Warna Alam

Tak semua unsur alam dapat Anda masukkan ke dalam sebuah hunian. Untuk mewakili unsur alam tersebut Anda dapat menggunakan warna untuk menghadirkan ‘spirit’ alam. Hal yang dapat Anda lakukan misalnya mengecat beberapa bagian dinding rumah dengan warna hijau dan cokelat. Dengan begitu meski aspek alam tidak real tetapi Anda dapat tetap merasakan nuansa alam dari pancaran warna tersebut.

Membuat taman dapat dilakukan di berbagai rumah, bahkan rumah kecil sekalipun. Jadi jangan ragu membeli rumah walaupun baru mampu membeli ukuran kecil. Tertarik membeli rumah pertama Anda? Temukan ratusan pilihannya, harga mulai Rp130 Jutaan di sini.

FOTO: PIXABAY.COM

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
6 Trik Pintar Ubah Kamar Mandi Mungil di Rumah Jadi Mewah
Artikel Selanjutnya
Trik Hemat Ruang di Rumah Tipe 36