Sukses

Kolektor Sepatu di Rumah Wajib Baca Ini

Liputan6.com, Jakarta Ada sebagian orang—mungkin termasuk Anda—yang lebih suka mengoleksi sepatu dibandingkan pakaian.

Kalau sudah gandrung, orang rela menghabiskan bujet lebih besar untuk berbelanja sepatu dibandingkan produk fashion lainnya. Akibatnya jumlah sepatu di rumah menjadi tak terbatas, jika dihitung dijamin jumlahnya lebih dari 15 pasang.

Namun, sebelum memutuskan untuk mengoleksi puluhan hingga ratusan pasang sepatu, inilah yang harus ada di rumah Anda.

Lemari khusus

Kalau memang jumlahnya sangat banyak, lemari khusus menjadi hal wajib.

Sepatu dalam jumlah besar sebaiknya tidak asal disimpan dengan diletakkan di lantai rumah Anda. Selain menjadi penghalang jalan Anda selama berada di rumah, sepatu yang dibiarkan di lantai akan menjadi lebih cepat rusak.

Bila memang ada lebih dari 10 pasang sepatu, sebaiknya simpan di dalam lemari atau rak khusus untuk sepatu. Jangan lupa untuk menambahkan gel silika agar material sepatu tetap terjaga tekturnya.

Boks sepatu

Buat rak khusus untuk menyimpan boksnya.

Jangan langsung membuang boks sepatu saat Anda baru membelinya. Jika sepatu belum akan digunakan, tetap simpan di dalam boks untuk menjaga materialnya seperti kulit atau kanvasnya tetap awet.

Bila Anda tak memiliki lemari untuk penyimpanan sepatu, boks ini bisa menjadi pilihan. Biarkan sepatu tersimpan rapi di dalamnya.

Ruang khusus untuk sepatu

Kalau jumlahnya sudah superbanyak, mulai pertimbangkan membuat ruangan khusus .

Tak mempunyai lemari atau rak sepatu? Setidaknya Anda harus memiliki ruangan untuk sepatu Anda. Mirip ruang wardrobe namun ukurannya lebih kecil dan hanya digunakan untuk meletakkan koleksi sepatu Anda.

Sisi negatifnya, ruangan ini akan memakan tempat, sehingga Anda tak bisa menggunakannya untuk ruangan lain. Tambahkan kapur barus untuk mencegah ruangan didatangi tikus atau kecoa.

(Simak juga: Tips Menata Kamar Sempit Agar Tidak Terasa Pengap)

Gantungan sepatu

Gantungan sepatu bisa digunakan untuk sepatu yang digunakan sehari-hari.

Gantungan kayu tak hanya berguna untuk menggantung jaket atau pakaian lainnya. Jika gantungannya cukup kokoh dan kuat, Anda bisa menggunakannya untuk menggantung sepatu Anda.

Salah satu keuntungannya, gantungan dapat digunakan untuk menyimpan sepatu yang baru saja selesai dicuci karena membantunya cepat kering.

Kantung penyimpan

Kantong penyimpanan untuk jumlah koleksi sedang.

Bila Anda tak lagi menyimpan boks sepatu Anda, tak ada rak sepatu, dan ruangan khusus untuk sepatu, sebaiknya Anda mempunyai kantung penyimpan.

Kantung yang terbuat dari kanvas ini dapat digantungkan sehingga tak memakan banyak ruangan rumah Anda.

Menghemat ruangan wajib dilakukan agar barang-barang tetap rapi. Namun, jika memang sudah saatnya pindah ke rumah yang lebih besar, Anda bisa temukan pilihannya di sini, harga mulai Rp500 Jutaan.

Foto utama: Rumah.com/Getty Images

Foto ilustrasi: Amazon, Pinterest, Pixabay, Architectural Digest

Sumber: Rumah.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Jangan Salah Pilih Lemari untuk Kamar Minimalis!
Artikel Selanjutnya
Traveling Nyaman dan Cerdas dengan Manfaatkan 6 Benda Ini