Sukses

Tips Feng Shui: Cermin Pembangkit Energi Baik

Liputan6.com, Jakarta Cermin adalah salah satu perabotan yang dianggap dapat ‘membetulkan’ aliran feng shui di dalam rumah. Sebagai sebuah ekspresi dari elemen air, penempatan cermin yang tepat dapat memberikan energi yang baik untuk sebuah ruangan, baik di rumah maupun di kantor.

Manfaat lainnya, cermin juga bisa membuat ruangan di rumah ataupun kantor menjadi terlihat lebih luas dan lebih terang. Nah, jika ruangan di rumah atau kantor memiliki aktivitas yang tinggi sehingga rawan memicu stres, penggunaan cermin juga bisa membantu menenangkan energi tersebut.

(Baca juga: Tips Penempatan Cermin di Rumah dan Tempat Usaha)

Dan menurut Rumah.com ada 2 tipe cermin yang biasa digunakan dalam feng shui.

1. Cermin Biasa

Biasanya memiliki bentuk oval, lingkaran, atau persegi dengan bingkai berbahan kayu, besi, dan lain-lain. Menurut feng shui, cermin berbentuk lingkaran dengan bingkai berbahan emas bisa menarik kemakmuran. Dan cermin ini bisa berfungsi dengan baik jika di letakkan di area keuangan pada rumah atau kantor Anda.

2. Cermin Bagua

Di dalam ilmu feng shui, cermin kaca bagua adalah sebuah cermin aksesoris yang memiliki fungsi sebagai perlindungan terhadap energi negatif dan juga untuk menciptakan keberuntungan bagi mereka yang memasangnya. Cermin ini biasanya berbentuk oktagon dan memiliki dua jenis bentuk yaitu cekung dan cembung.

Cermin untuk mencipakan feng shui baik

Cermin bagua lebih sering digunakan di luar rumah yang kondisinya kurang baik sehingga perlu dinetralisir.

Cermin bagua cekung berfungsi untuk mengumpulkan energi positif sedangkan cermin bagua cembung berfungsi untuk memantulkan energi negatif. Cermin ini lebih sering digunakan di luar rumah yang kondisinya kurang baik sehingga perlu dinetralisir.

Namun, perlu diingat juga bahwa ada cara lain untuk menetralisir keadaan di luar rumah seperti misalnya dengan mendesain sebuah taman.

Dan area yang tepat untuk memasang sebuah cermin menurut feng shui adalah sebagai berikut:

  1. Bagian Timur: untuk kesehatan dan keluarga
  2. Bagian Tenggara: untuk kesejahteraan dan kemakmuran
  3. Bagian Utara : untuk perjalanan karir dan kesuksesan dalam kehidupan

Sedangkan area yang harus dihindari untuk memasang cermin adalah sebagai berikut:

  1. Bagian Selatan: untuk reputasi dan nama baik
  2. Berhadapan dengan pintu utama
  3. Berhadapan dengan tempat tidur
  4. Di atas tempat tidur

Beberapa tempat lain yang tidak cocok adalah penempatan cermin yang saling berhadapan sehingga masing-masing cermin jadi saling memantulkan. Hal ini akan membuat energi yang mengalir menjadi terlalu aktif sehingga kurang baik untuk rumah Anda.

Jika Anda memiliki anak-anak yang masih kecil, usahakan untuk memiliki paling tidak satu cermin yang dapat memberikan bayangan setinggi badan mereka, daripada hanya menggantungkan sebuah cermin sehingga mereka hanya bisa melihat sebagian badan mereka.

Hal ini berguna untuk meningkatkan rasa percaya diri bagi mereka serta perasaan aman terhadap diri sendiri. Dan tips terakhir, hindari menyimpan cermin yang rusak atau retak di dalam rumah.

Tertarik untuk memiliki rumah dengan DP ringan dan cicilan yang ringan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pexels

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua