Sukses

10 Benefit Rajin Menata Rumah

Liputan6.com, Jakarta Kondisi rumah akan mencerminkan pribadi pemiliknya. Namun sayangnya tidak semua orang memiliki inisiatif untuk menata rumahnya serapi mungkin. Alasannya pun beragam, mulai dari tidak punya waktu senggang, sampai karena terlalu banyaknya barang-barang di dalam rumah.

(Baca juga: Gaya Anda Menata Bantal Menunjukkan Kepribadian Anda)

Padahal ada banyak manfaat yang bisa Anda dapatkan jika rumah Anda tertata rapi. Atau mungkin Anda hanya kesulitan untuk memulai tugas beres-beres ini? Temukan motivasi terbaik Anda dari sekarang. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, salah satunya mungkin ada di antara 10 alasan menata rumah berikut ini.

1. Punya banyak waktu luang

Rumah rapi membuat Anda dengan mudah menemukan benda yang sedang dibutuhkan. Dan itu artinya Anda jadi menghemat banyak waktu. Sedikit benda di dalam rumah juga membuat tugas bersih-bersih menjadi lebih mudah dan cepat diselesaikan.

2. Menghemat uang

Jika definisi rumah rapi adalah rumah yang diisi sedikit barang, maka Anda akan berpikir ulang ketika ingin membeli furnitur atau aksesoris rumah baru. Anda juga tidak perlu pusing mencari lemari atau tempat penyimpanan untuk menyimpan koleksi benda yang dimiliki. Dengan begitu, Anda jadi menghemat lebih banyak uang.

3. Merasa lebih tenang

Bayangkan Anda masuk ke dalam rumah yang lapang dan bersih dimana semua benda tertata rapi dan proporsional. Tentu Anda akan merasa tenang dan nyaman. Rumah yang diisi terlalu banyak barang, meski sudah ditata rapi bisa memicu rasa panik dan stress.

Jadi, sudah saatnya Anda mengurangi benda-benda yang tidak terpakai dan memanjakan diri Anda di dalam rumah.

4. Punya sesuatu untuk dipakai

Pernahkah Anda merasa tidak mempunyai baju atau sepatu yang bagus untuk dipakai bepergian keluar rumah? Salah satu alasannya mungkin karena rak sepatu dan lemari baju Anda nampak berantakan.

Dengan begitu Anda tidak bisa memilih setelan yang cocok untuk dikenakan dan membuat Anda bingung dengan koleksi pakaian yang menumpuk. Sempatkan waktu di akhir pekan menata pakaian favorit Anda di lokasi yang mudah terlihat sehingga Anda tidak akan kesulitan memilihnya.

5. Membantu sesama dengan berdonasi

Jaket tebal untuk musim hujan, mainan lama, dan peralatan kerajinan tangan yang menumpuk di gudang dan lemari mungkin tidak berarti bagi Anda. Namun jika didonasikan ke yayasan atau panti asuhan tentunya akan menjadi sangat berguna.

Dengan berbagi, maka Anda bisa merasa lebih banyak bersyukur dan menyadari masih banyak orang yang membutuhkan di luar sana.

6. Tidur lebih berkualitas

Rumah yang berantakan bisa menjadi gangguan tidur. Jadi jika Anda memiliki masalah sulit tidur, coba buat kamar Anda lebih rapi dan bersih. Dengan begitu, esok pagi Anda bisa bangun tidur dengan perasaan relaks dan tenang.

7. Memudahkan anak mencari mainan

Banyaknya koleksi mainan sangat mudah membuat rumah jadi berantakan. Dengan menata mainan sesuai kategori maka anak bisa memilih jenis mainan apa yang ingin ia mainkan. Anda juga bisa menyimpan mainan yang jarang dipakai si kecil di tempat yang lebih tertutup.

Latih anak Anda mengambil sendiri mainan yang ia inginkan untuk melatih kemandirian.

8. Pagi hari yang tenang

Rutinitas pagi hari yang padat terkadang membuat Anda menghabiskan waktu untuk mencari benda-benda yang tidak diletakkan pada tempatnya. Misalnya memilih pakaian kerja, meracik sarapan dan makan siang di dapur, sampai dengan menyemir sepatu.

Jika di akhir pekan semuanya sudah Anda siapkan dan ditata dengan rapi, maka pagi Anda akan berjalan lebih tenang dan membuat suasana hati menjadi lebih baik.

9. Ruang ekstra untuk garasi

Pernahkah Anda kesulitan meletakkan sepeda atau motor di garasi mobil? Mungkin karena garasi Anda sudah terlalu penuh dengan tumpukan kardus atau rak sepatu yang berantakan. Selain membuatnya lebih fungsional, membersihkan garasi akan memberi tampilan rumah yang rapi secara keseluruhan.

10. Menambah nilai jual

Jika Anda berencana menjual rumah, maka sudah waktunya rumah Anda ditata serapi mungkin. Jadi ketika ada calon pembeli yang hendak survei, rumah Anda bisa membuat mereka terkesan sehingga memutuskan untuk membeli rumah Anda.

Tanpa lakukan renovasi yang membuang banyak biaya, tugas rapi-rapi yang melelahkan akan sepadan dengan hasil yang Anda dapat, kan?!

Atau mungkin malah sebaliknya, Anda punya rencana untuk membeli rumah baru? Simak saja ratusan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
VIDEO: Tips Jitu Mempersiapkan Dana Sekolah Anak
Artikel Selanjutnya
Persiapan Jelang Kelahiran Bayi, Persiapkan Juga Rumah Anda