Sukses


Kiat Memperindah Tampilan Teras Rumah

Karena berada di luar rumah, terkadang teras jadi malas dirawat. Beberapa tips berikut akan memandu Anda menata teras rumah dengan praktis.

Liputan6.com, Jakarta Teras merupakan area yang mewakili tampilan rumah Anda dari luar. Dan fungsi teras juga bukan hanya sebagai area bersantai dan pemanis fasad rumah semata, tetapi juga menjadi area pertama yang menyambut tamu ketika berkunjung ke rumah Anda.

Namun karena berada di luar rumah, terkadang pemilik rumah enggan merawat terasnya agar nampak rapi, bersih, dan terlihat indah setiap saat. Terlebih jika teras Anda berukuran mungil. Nah, beberapa tips dari Rumah.com berikut akan memandu Anda untuk menata teras rumah dengan praktis.

(Simak Juga: Inspirasi Desain Untuk Balkon dan Teras Sempit)

Memilih Furnitur yang Tepat

Tak lengkap rasanya jika teras rumah Anda kosong tanpa diisi sepasang kursi dan meja. Ada banyak pilihan set kursi outdoor yang bisa Anda pilih sesuai dengan desain yang Anda tentukan. Pilih furnitur yang ringan namun kokoh agar teras Anda terkesan lega. Jika ingin bereksperimen dengan konsep rustic, anda bisa membeli furnitur dari pasar loak.

Sementara untuk desain yang minimalis, cukup siapkan karpet dan beberapa bantal empuk berkonsep lesehan. Selain set kursi, Anda juga bisa meletakkan rak sepatu atau dekorasi dinding sebagai pemanis.

Merancang Taman Kecil

Untuk rumah klaster atau townhouse yang dilengkapi dengan sepetak taman kecil di teras rumahnya, bisa Anda dekorasi dengan mudah. Tanam beberapa tanaman dengan kombinasi warna warni agar teras Anda nampak lebih menarik.

Kemudian, atur jarak tanam dengan tepat agar taman kecil Anda tidak terkesan sempit. Gunakan metode tanam dengan pola lurus atau satu garis. Anda bahkan bisa menambah lampu taman atau air mancur kecil sebagai dekorasi tambahan.

Menata Tanaman Pot

Sementara untuk Anda yang tinggal di perumahan padat penduduk, Anda tetap bisa memberi sentuhan hijau yang segar dengan meletakkan beberapa pot bunga di teras. Pilih pot tanaman hijau yang agak tinggi untuk diletakkan di sudut ruangan. Sedangkan pot kecil bisa Anda tata di rak gantung.

Jangan ragu memilih jenis bunga yang memiliki keharuman semerbak untuk membuat teras Anda lebih segar.

Maksimalkan Akses Sinar Matahari

Teras yang sehat haruslah mendapat asupan sinar matahari yang cukup. Sinar matahari yang masuk bisa memberikan kesan yang luas di teras berukuran kecil. Selain itu, sinar matahari juga bermanfaat untuk proses fotosintesis tanaman yang tertata di teras Anda.

Membuat Paving

Aplikasikan paving atau stepping stone jika Anda memiliki teras yang berukuran cukup panjang. Dekorasi sederhana ini bisa memberi tampilan yang berbeda pada teras rumah Anda. Selain itu, paving juga berfungsi melindungi tanaman Anda dari pijakan kaki secara langsung di taman.

Pilihan Warna Cat

Pilih warna cat yang cerah untuk teras sekaligus dinding eksterior rumah Anda. Warna yang cerah bisa memberi kesan ruang teras terlihat lebih lapang. Dengan paparan sinar matahari, warna cat yang cerah juga bisa memantulkan cahaya sehingga teras Anda nampak lebih mencolok dari kejauhan.

Ornamen Kaca Cermin

Tips selanjutnya adalah dengan mengaplikasikan kaca cermin di salah satu sisi dinding teras. Tujuannya untuk menciptakan ruangan lebih besar karena efek refleksi cermin. Anda bisa menempatkan cermin dengan ukuran yang agak besar di dinding teras untuk aksen dekorasi yang sederhana.

Ingin punya teras rumah yang indah? Ikuti saja langkah-langkahnya di artikel ini. Ingin punya rumah baru dengan tampilan yang indah? Anda bisa pilih dari ratusan proyek perumahannya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini