Sukses

Panduan Mudah untuk Pindah Rumah

Liputan6.com, Jakarta Pindah ke rumah baru bagi sebagian orang bisa jadi merupakan pengalaman yang menyenangkan. Apalagi jika rumahnya memang punya sendiri. Rasanya pasti tak sabar ingin segera mengangkut semua barang-barang milik Anda dan langsung menempati rumahnya.

(Baca juga: Siapkan Ini Sebelum Gunakan Jasa Pindah Rumah)

Namun kenyataannya tentu tak sesimpel itu karena banyak hal yang perlu dipikirkan dan dipersiapkan sebelum pindah rumah. Dan agar proses pindah rumah Anda lancar dan tanpa kendala, simak daftar dari Rumah.com untuk hal-hal yang perlu disiapkan sebelum hari H-nya.

2 Bulan Sebelumnya:

  1. Ajukan cuti jika pindahan rumah dilakukan pada hari kerja.
  2. Jika anak sudah sekolah, pastikan semua urusan administrasi sekolahnya sudah selesai, baik di sekolah lama maupun sekolah baru.
  3. Siapkan kardus bekas untuk mengepak barang, dan mulai memasukkan barang-barang ke dalam kotak tersebut.
  4. Pindah ke tempat tinggal baru akan menjadi awal baru yang menyenangkan, ini kesempatan Anda untuk membuang barang-barang lama yang kemungkinan besar tidak akan digunakan di masa depan.

5 – 6 Minggu Sebelumnya:

  1. Saat ini banyak perusahaan penyedia jasa untuk membantu proses pindahan rumah. Jika memungkinkan, Anda bisa mulai memesan jasa ini.
  2. Apakah saat membeli rumah Anda juga membeli asuransi proteksi terhadap properti tersebut? Periksa kembali resiko apa saja yang akan di-cover oleh asuransi tersebut dan kapan mulai berlakunya.

3 – 4 Minggu Sebelumnya:

  1. Mulai mencari paket internet atau tv kabel di tempat tinggal baru Anda.
  2. Buat daftar perabotan baru apa saja yang akan perlu dibeli. Cari info promo atau diskon toko perabotan rumah tangga agar pengeluaran bisa lebih ditekan.
  3. Ketika mencari perabotan, terutama elektronik, pilih yang sesuai dengan daya listrik yang dimiliki rumah baru serta hemat energi.

1 – 2 Minggu Sebelumnya:

  1. Siapkan satu kardus khusus berisikan hal-hal yang mungkin akan Anda butuhkan di hari pertama pindah seperti: seprai tempat tidur, baju ganti, alat masak atau alat pembuat teh, kopi, piring, sendok-garpu plastik, kotak p3k, kertas dan pena, charger handphone serta alat mandi seperti sabun dan handuk.
  2. Beri informasi kepada bank, asuransi, perusahaan kartu kredit dan tv kabel tentang alamat baru tempat tinggal Anda sehingga pengiriman tagihan selanjutnya akan datang ke alamat yang baru. Tutup langganan koran jika Anda masih menggunakannya.

Satu Hari Sebelumnya:

  1. Lakukan pembersihan kilat ketika sudah memindahkan barang-barang yang menyebabkan lantai menjadi kotor.
  2. Buka seprai tempat tidur.
  3. Lihat kembali keadaan tempat tinggal lama, apakah semua yang perlu dibawa sudah dimasukkan?
  4. Periksa kembali kunci tempat tinggal baru Anda, serta pertimbangkan untuk membuat kunci cadangan.

Hari H Pindahan:

  1. Periksa meteran listrik dan simpan catatan tersebut.
  2. Sebelum meninggalkan rumah lama, periksa keadaan jendela, serta pastikan semua peralatan listrik dan gas sudah dimatikan.
  3. Jika Anda menggunakan jasa pemindah barang pastikan Anda tiba duluan di tempat tinggal baru serta perhatikan bagaimana jasa tersebut memasukkan barang-barang tersebut ke dalam rumah.

Apakah Anda juga ingin segera pindah untuk menempati rumah baru Anda? Sebelumnya, simak dulu puluhan pilihan rumahnya dulu di sini.

Foto: Pexels

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Persiapan Jelang Kelahiran Bayi, Persiapkan Juga Rumah Anda
Artikel Selanjutnya
Trik Hemat Keuangan bagi Mahasiswa