Sukses

Langkah Mudah Menata Interior untuk SOHO

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran SOHO atau Small Office Home Office kini semakin berkembang di beberapa kota besar. Tipe properti ini sebenarnya sudah diadopsi sejak 17 tahun yang lalu oleh orang-orang yang bekerja di industri kreatif. Model kantor yang kasual dengan plafon tinggi memang sangat pas untuk para pekerja yang aktif menggali inspirasi.

(Baca juga: Cari Hunian Sambil Wirausaha, Pilih Saja SOHO!)

Di Indonesia sendiri unit SOHO banyak digunakan untuk ruang kerja sebagai alternatif dari unit ruko. Namun karena fungsinya yang kompleks membuat sebagian orang malah bingung untuk mendekorasi unit SOHO-nya. Aturan mainnya: Mulai dari pemilihan lantai keramik sampai dengan mendesain kamar tidur, unit SOHO harus terasa nyaman dan berciri khas sesuai dengan budaya perusahaan.

Nah, jika Anda ingin mencontek gaya kontemporer ala New York ke dalam SOHO, simak beberapa tips yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

Ruang Kerja

Para pekerja akan menghabiskan sebagian besar waktunya di area komunal, untuk itu buat pencahayaan yang cukup namun jangan terlalu terang pada ruangan ini.

Area komunal yang didesain open space merupakan ruang kerja yang ideal bagi mereka yang bekerja di unit SOHO. Dengan menata beberapa set kursi dan meja tanpa sekat, Anda harus bisa memberikan ciri khas pada ruangan. Jika Anda menggunakan banyak furnitur berwarna, aplikasikan cat dinding berwarna netral.

Sementara bila ingin menambahkan tekstur pada dinding Anda bisa mengganti cat dengan wallpaper atau panel kayu. Para pekerja akan menghabiskan sebagian besar waktunya di area komunal, untuk itu buat pencahayaan yang cukup namun jangan terlalu terang pada ruangan ini.

Anda mungkin akan memerlukan waktu yang cukup lama untuk mengisi ruangan ini dengan set furnitur beserta aksesorisnya. Lakukan seleksi yang ketat agar furnitur satu dan lainnya bisa saling melengkapi ruang kerja Anda.

Sofa yang nyaman

Sofa yang baik harus nyaman digunakan untuk bersantai dan peregangan setelah penat bekerja.

Selain kursi, kesan santai pada ruang kerja SOHO bisa terasa dengan kehadiran set sofa yang nyaman. Namun jangan sembarangan memilih sofa, pilih yang ukurannya cukup besar. Sofa yang baik harus nyaman digunakan untuk bersantai dan peregangan setelah penat bekerja.

Agar mudah dipadukan dengan set kursi dan meja kerja, pilih sofa dengan model klasik. Model ini dipercaya mudah berpadu dengan model lainnya dan tidak akan ketinggalan jaman meski digunakan bertahun-tahun.

Pajangan Seni

Coba bereksperimen dengan menggantung sekitar 8 hingga 10 lukisan bingkai dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

Setelah memilih furnitur untuk area bekerja dan bersantai, saatnya memilih dekorasi dinding untuk melengkapi ruangan. Anda tidak harus memilih sebuah lukisan artistik besar untuk dijadikan pusat perhatian. Coba bereksperimen dengan menggantung sekitar 8 hingga 10 lukisan bingkai dengan ukuran dan bentuk yang berbeda-beda.

Kombinasi yang saling melengkapi ini justru membuat dinding Anda nampak lebih artistik tanpa banyak merogoh kocek.

Tempat Tidur Nyaman

Warna putih bisa menjadi pilihan yang tepat, namun Anda juga bisa menambah warna lain atau tekstur dari selimut yang dilipat rapi.

Ruang tidur di unit bekerja harus dibuat ekstra nyaman. Pasalnya, tinggal di hunian yang berfungsi sebagai unit kerja membuat penghuninya cenderung lebih banyak bekerja ketimbang beristirahat.

Dengan memilih kasur dan seprai yang nyaman, kamar tidur harus dibuat sejuk dan memberi kesan relaks. Warna putih bisa menjadi pilihan yang tepat, namun Anda juga bisa menambah warna lain atau tekstur dari selimut yang dilipat rapi.

Tertarik untuk memiliki unit SOHO? Simak aneka pilihannya di sini.

Foto: Anthropologie.com

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
8 Cara Jitu Agar Bisnis Bisa Berkembang Pesat
Artikel Selanjutnya
8 Tips Agar Tak salah Pilih Arsitek