Sukses

Tips Bikin Ruang untuk Berlatih Yoga di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Yoga kini jadi salah satu olahraga yang sedang tren di kalangan masyarakat urban. Dengan gerakannya yang lentur, selain menyehatkan olahraga ini dipercaya mampu membakar kalori hingga menurunkan berat badan. Meditasi yoga juga mampu meningkatkan rasa percaya diri, kekuatan mental, dan rasa positif.

Jika Anda tidak punya banyak waktu untuk mengambil kelas yoga, Anda juga bisa melakukan latihannya di rumah. Pertama-tama, siapkan dulu materi latihan yoga dari DVD atau video yang diunduh dari youtube. Karena dilakukan sendiri di rumah dan tanpa bimbingan instruktur, pilih gerakan sederhana untuk meminimalisir risiko cidera.

(Baca juga: Dekorasi Ruangan untuk Yang Mudah Galau)

Siap berlatih yoga di rumah? Sebelumnya siapkan juga beberapa peralatan pendukungnya. Kemudian buat ruangan untuk latihan yang didesain sesuai standar yang ada di kelas studio yoga. Untuk itu simak poin-poin dari Rumah.com berikut ini.

Peralatan Senam

1. Matras dan balok yoga

Pilih matras yoga yang bagus agar tahan lama dan bikin latihan Anda terasa lebih nyaman. Sementara balok yoga berguna untuk melakukan gerakan yang membutuhkan keseimbangan dan peregangan badan.

2. Diffuser atau lilin aromaterapi

Latihan yoga memerlukan suasana yang tenang dan relaks. Dengan menghadirkan pewangi ruangan menggunakan minyak esensial atau lilin aromaterapi maka Anda bisa lebih fokus melakukan meditasi atau relaksasi.

3. Kaca cermin berukuran besar

Untuk mencapai postur dan gerakan tubuh yang ideal Anda butuh cermin untuk berkaca. Siapkan kaca cermin dinding yang cukup besar untuk merefleksikan seluruh tubuh Anda. Anda juga bisa memindahkan cermin sandar ini bila sebelumnya tergantung di kamar tidur atau meja rias.

4. Aksesoris tambahan

Selain peralatan di atas, siapkan pula selimut yoga dan bantal untuk meditasi. Ketika latihan, kenakan pakaian yang nyaman, tidak terlalu ketat, dan bisa menyerap keringat. Anda juga boleh menyiapkan musik instrumental untuk membuat sesi meditasi Anda agar lebih fokus.

Mempersiapkan ruang

  • Carilah salah satu ruang yang menurut Anda paling nyaman di rumah. Selain nyaman, usahakan ukurannya juga cukup luas sehingga Anda leluasa bergerak saat melakukan berbagai gerakan yoga.
  • Setelah menemukan lokasi yang dianggap nyaman, tempatkan matras yoga sekitar 10 sampai 20 centimeter dari dinding rumah untuk menghindari benturan ketika Anda memulai gerakan.
  • Usahakan ruangan tersebut cukup hening dari suara bising. Sembari latihan, matikan alat elektronik seperti televisi. Sebagai pengganti, Anda bisa menyetel musik suara alam untuk lebih meresapi latihan yoga yang dilakukan.
  • Hindari memilih ruangan yang lembab ataupun terlalu dingin. Karena bisa menimbulkan rasa tidak nyaman ketika sedang berlatih. Beri juga pencahayaan yang cukup agar Anda tetap fokus dan tidak tertidur saat tengah meditasi.

Berlatih yoga tentunya paling pas jika dilakukan di daerah yang berhawa sejuk dan segar seperti Bogor. Berminat memiliki hunian di daerah ini? Jika ya, simak aneka pilihan perumahannnya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua