Sukses


Jual Properti Makin Mudah dengan Memanfaatkan Teknologi Terkini

Teknologi virtual reality kini mulai banyak dimanfaatkan oleh pengembang dan agen properti untuk menjual atau menyewakan rumah dan apartemen

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini teknologi yang mendukung pengambilan gambar dan perekam video semakin berkembang. Jika sebelumnya cukup memotret dengan kamera digital atau merekam dengan video camcorder dengan hasil dua dimensi, maka kemajuan teknologi kini juga memungkinkan kita untuk merekam konten dengan tampilan tiga dimensi.

Ya, kamera yang mampu membidik foto dan merekam video dengan cakupan 360 derajat ini didukung teknologi yang dikenal dengan istilah virtual reality (VR). Dengan melihat video atau foto VR maka kita bisa merasakan sensasi seolah sedang berada di lokasi yang ada di dalam tampilan gambarnya.

(Baca Juga: Ini Cara Baru Untuk Mendongkrak Promosi Properti Anda)

Teknologi virtual reality kini juga mulai banyak dimanfaatkan oleh pengembang dan agen properti untuk menawarkan penjualan dan penyewaan rumah maupun apartemen. Di lansir dari Fintech News Singapore, Rumah.com sebagai bagian dari PropertyGuru Group yang berbasis di Singapura merupakan portal properti pertama yang mengadopsi teknologi Virtual Reality di Indonesia.

Untuk mengembangkan teknologi virtual dan augmented reality-nya, Rumah.com bekerjasama dengan platform Matterport. Dengan layanan ini pengembang bisa menampilkan gambar dan video proyek propertinya dengan tampilan 3D Showcase.

Denah rumah atau apartemen ditampilkan dalam bentuk 3 dimensi layaknya rumah boneka dengan atap terbuka. Kemudian klien pun bisa memilih ruangan yang akan dijelajahi untuk memberi pengalaman tur yang lebih jelas.

(Baca Juga: Manfaatkan Teknologi Untuk Penjualan Online)

Bagaimana Cara Kerjanya?

Sebuah proyek properti yang ingin dibuat gambar 360 derajatnya dibidik menggunakan kamera khusus. Kamera Matterport mengambil gambar sebuah proyek properti dalam waktu kurang dari satu jam.

Teknologi ini juga membuat pengalaman survei ketika akan memilih rumah yang akan dibeli jadi begitu menyenangkan dan nyata layaknya bermain game 3 dimensi.

Setelah dipindai ke perangkat lunak, tampilan rumah dalam dalam bentuk tiga dimensi pun langsung bisa dinikmati. Teknologi ini juga membuat pengalaman survei ketika akan memilih rumah yang akan dibeli jadi begitu menyenangkan dan nyata layaknya bermain game 3 dimensi.

Setelah terkonversi dalam bentuk file, hosting Matterport memberi kemudahan bagi pemilik konten untuk mengelola, berbagi, dan menyimpan konten tersebut di dalam satu wadah. Klien pun bisa menonton 3D Showcase proyek properti ini menggunakan ragam perangkat yang sudah menginstall aplikasi Matterport yang bisa diunduh di Apple Store dan AppStore.

Untuk menggunakannya, klik ‘Play/Putar (tanda segitiga), lalu pilih floorplan. Untuk berjalan melangkah ke setiap ruangan, dengan menggunakan mouse, Anda cukup menempatkan lingkaran biru tepat di atas lingkaran putih yang akan dituju, kemudian klik.

Anda juga bisa menggunakan fitur ini dengan ‘kacamata VR’. Setelah terpasang, Anda bisa meng-klik icon VR di sudut kanan bawah.

Masih penasaran? Lihat contohnya berikut ini:

Berkat teknologi yang ditawarkan VR dari Matterport Rumah.com, penjual properti seperti agen dan developer kini bisa ‘open house’ proyeknya selama 24 jam dan 7 hari non-stop. Hebatnya lagi, juga bisa untuk mengelola konten dengan menambahkan beberapa furnitur virtual pada ruangan yang masih kosong!

Sementara itu, calon pembeli bisa melakukan survei properti kapanpun dan dimanapun. Dengan demikian pembeli bisa mengambil keputusan membeli properti dengan lebih percaya diri.

Dan bagi Anda yang tengah berburu properti, dapatkan beragam informasi terlengkap dengan review mendalam dan terpercaya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini