Sukses

Trik Agar Kamar Sempit Tak Terasa Pengap

Liputan6.com, Jakarta Keterbatasan lahan sebagai tempat tinggal membuat Anda pun harus menghemat luasnya ruangan. Salah satu ruang yang diminimalkan luasnya adalah kamar tidur.

Saking mungilnya, kamar tidur seakan langsung penuh begitu diisi ranjang dan kasur. Tapi, kamar tidur yang sempit dan memiliki ranjang besar tak berarti menjadi pengap dan tak nyaman. Agar kamar selalu membuat Anda betah, lakukan trik ala Rumah.com ini.

Jendela besar

Memiliki jendela besar merupakan hal wajib jika kamar Anda sempit. Pasalnya, kamar yang sempit cenderung mempunyai sirkulasi udara yang kurang bagus.

Untuk mencegah kamar menjadi beraroma tak sedap, Anda harus mempunyai jendela besar di salah satu sudut sebagai area masuknya oksigen ke dalam kamar. Sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan juga membuat kamar menjadi tidak lembap dan terasa lebih lapang.

Jendela besar bisa memberi efek luas pada kamar.

Manajemen tempat

Ingat, kamar sempit tidak memungkinkan Anda meletakkan lemari, rak, atau kabinet terlalu besar. Manfaatnya, Anda jadi lebih hemat karena mengurangi kebiasaan berbelanja produk fashion.

Gunakan rak yang terpasang menggantung di dinding sebagai tempat meletakkan barang-barang Anda, seperti buku dan aksesori, atau lemari yang diletakkan di bawah ranjang.

Manfaatkan rak gantung atau lemari di bawah kasur untuk menghemat ruangan.

Dominasi putih

Putih mungkin terkesan monoton, tapi memberikan kesan lapang dan luas. Agar tidak bosan, gunakan dinding bata putih—dibandingkan hanya dinding biasa.

Sebagai gantinya, Anda bisa mengguakan ornamen berwarna di dalam kamar, misalnya meja kecil warna cokelat, atau kursi warna cerah.

Warna putih memberikan efek psikologis 'menjauh', sehingga ruangan terasa lebih lega.

Tanaman gantung

Memang Anda harus rajin mengamati tanamannya untuk memastikan tidak ada hama. Namun meletakkan tanaman di dalam kamar akan membuat kamar menjadi lebih segar dan memperbaiki sirkulasi udaranya.

Jemur tanaman di dekat jendela saat siang hari, dan keluarkan saat malam. Sebaiknya pilih tanaman yang pertumbuhannya tidak terlalu agresif, misalnya english ivy.

Tanaman gantung membuat udara lebih segar dan mengusir rasa pengap.

(Simak juga: Cara Praktis Bikin Kamar Tidur Romantis)

Mengubah warna plafon

Perbedaan warna memberikan ketegasan jarak, sehingga menimbulkan efek dalam dan luas.

Dibandingkan mengubah warna dinding yang malah membuat kamar menjadi semakin terasa sempit, lebih baik warnai plafon kamar Anda.

Plafon yang diwarnai akan memberikan pencahayaan yang lebih temaram dan sejuk saat siang hari, sekaligus membuat kamar tetap ceria dan hangat meski luasnya sangat terbatas.

Saat ini sudah banyak trik menata ruangan dan furnitur yang sesuai dengan rumah kecil, sehingga Anda tak perlu ragu lagi untuk segera beli rumah, meski baru mampu yang kecil. Tertarik membeli rumah di bawah Rp500 Juta? Lihat puluhan pilihannya di sini!

Foto: Rumah.com/Getty Images, Apartement therapy, Pixabay

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Tetap Sehat Tinggal di Apartemen Mungil
Artikel Selanjutnya
Kurang Lahan? Pelihara Tanaman di Kamar Mandi Saja!