Sukses

Alternatif Murah Meriah Pengganti Wallpaper

Liputan6.com, Jakarta Dinding yang polos pada rumah menjadikan tampilan hunian terlihat flat. Banyak orang kemudian mendekorasinya dengan wallpaper untuk menciptakan nuansa berbeda.

Penggunaan wallpaper pada bidang besar tentu akan membutuhkan dana tak sedikit. Apalagi jika harga wallpaper dengan kualitas baik juga cukup mahal.

Jika tak punya cukup biaya untuk mendekorasi dinding rumah Anda yang polos, Anda biasa menyiasatinya. Tak perlu dana lebih dari Rp100 Ribu untuk membeli bahan-bahan penunjang, apalagi sampai menyewa jasa desainer interior.

Anda juga bisa memanfaatkan barang-barang yang sudah ada. Dikutip dari Rumah.com, berikut beberapa inspirasi membuat hiasan dinding pengganti wallpaper di rumah Anda.

Gunakan Post-It

Gunakan post-it! Yap, ide ini sedikit gila. Tapi, menerapkan ide gila dapat menghasilkan hal yang unik menakjubkan.

Kertas Post-it punya banyak warna, seperti yang dilakukan gadis kecil pada gambar utama artikel ini. Anda bisa menempelkan kertas-kertas tersebut untuk menutupi satu bidang dinding. Gunakan lem kertas untuk menempelkan di dinding Anda. Warna-warna tak harus berurutan.

Manfaatkan koran bekas

Dengan sedikit kreativitas, kertas koran bisa membuat dinding terlihat eksklusif.

Daripada dibuang atau diloakkan, Anda bisa manfaatkan koran bekas untuk dijadikan hiasan dinding. Caranya mudah saja. Buat pola atau gambar yang menarik pada koran, lalu gunting dan tempelkan menggunakan lem kertas pada bidang dinding.

Anda bisa membuat pola peta, burung, bunga, menara Eiffel dan sebagainya.

Bentuk 3D

Buatlah dekorasi sederhana yang bisa dijadikan bentuk 3-Dimensi, seperti bentuk kelopak bunga, bangau, atau kupu-kupu.

Gunakan kertas putih biasa, atau kertas origami jika ingin menampilkan warna-warna cerah. Tempelkan dengan komposisi yang menarik membentuk pola tertentu.

Kertas kado

Kertas kado dan pigura bisa memberikan aksen yang indah di ruangan.

Untuk menggantikan kertas wallpaper yang mahal, Anda juga bisa menggantinya dengan kertas kado biasa. Asalkan rapi saat menempelkan, dijamin hasilnya tak akan kalah menarik.

(Simak juga: Menghias Dinding dengan Tema Tipografi)

Kaos Bekas

Warna-warni kaos bekas bisa membuat rumah terlihat cerah secara instan.

Manfaatkan kaus-kaus bekas yang memiliki gambar menarik dan sudah tak pernah Anda gunakan lagi. Caranya, Anda membutuhkan alas papan atau bisa juga menggunakan Styrofoam sebagai alas. Bungkus alas dengan kaus.

Usahakan gambar pada kaus berada di tengah alas. Lakukan dengan rapi sehingga terlihat seperti sebuah lukisan dinding. Anda bisa meletakan beberapa di dinding sebagai hiasan.

Gantungan majalah

Cover majalah yang artistik bisa menambah indah dinding Anda.

Ide ini sangat sederhana, Anda hanya membutuhkan hanger dan majalah. Gantungkan majalah pada hanger dengan cara menyangkutkan pada halaman tengah. Lalu, gantung majalah pada dinding-dinding dengan paku.

Rencanakan sebanyak apa gantungan yang akan digunakan dan bagaimana pola penggantungannya sehingga Anda tidak salah memaku dinding. Agar lebih menarik Anda bisa menggantungkan majalah-majalah fashion atau desain interior terbitan luar negeri.

Selamat mencoba!

Dekorasi tanpa banyak biaya ini tepat untuk diaplikasikan pada rumah minimalis. Tertarik memiliki rumah di bawah Rp300 Jutaan? Lihat puluhan pilihannya di sini.

Foto utama: Rumah.com/Getty Images

Foto: MODEINTERIOR.COM, INTERIORHOMES.COM, SNDIMG.COM, TFDIARIES.COM

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cara Menghemat Biaya Rental Mobil saat Liburan
Artikel Selanjutnya
Mobil Termurah di GIIAS 2017 dari Merek-Merek Jepang