Sukses


Tips Feng Shui untuk Warna Pintu Rumah

Berdasarkan feng shui, memilih warna pintu depan rumah memang tak bisa sembarangan. Untuk itu simak tipsnya berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Dalam ilmu feng shui, pintu depan rumah merupakan elemen yang penting karena bagian ini merupakan pintu masuk dari aliran energi baik yaitu Chi. Energi inilah yang akan mempengaruhi seluruh energi di dalam rumah.

(Baca juga: Apa Makna Warna Pintu Rumah Anda?)

Di dalam ilmu feng shui juga disebutkan bahwa pemilihan warna akan mempengaruhi elemen di sekitarnya. Jadi jelas bahwa pemilihan warna untuk pintu depan rumah tak bisa sembarangan. Dan seperti yang dirangkum dari Rumah.com, berikut adalah tips menentukan warna pintu depan rumah yang didasarkan ilmu feng shui.

1. Pintu Menghadap Timur

Jika pintu depan rumah Anda menghadap ke timur maka warna pilihan yang baik adalah yang menggunakan unsur kayu seperti hijau atau coklat.

Elemen feng shui dari arah timur adalah kayu, jadi jika pintu depan rumah Anda menghadap ke timur maka warna pilihan yang baik adalah yang menggunakan unsur kayu seperti hijau atau coklat.

2. Pintu Menghadap Tenggara

Memiliki elemen kayu, sama seperti pintu yang menghadap timur sehingga warna hijau atau coklat tetap menjadi pilihan terbaik. Elemen lain yang mampu menyokong elemen kayu adalah elemen air dan bumi yang pilihan warnanya biru atau kuning. Arah tenggara juga berkaitan dengan energi kemakmuran dan keuangan.

3. Pintu Menghadap Selatan

Kombinasikan warnanya agar sesuai dengan dinding rumah Anda.

Dalam ilmu feng shui, selatan adalah arah yang berkaitan dengan elemen api sehingga warna yang tepat untuk elemen ini adalah warna merah. Warna lain yang sesuai dengan elemen ini adalah kuning, ungu, jingga, merah muda, dan magenta. Kombinasikan warnanya agar sesuai dengan dinding rumah Anda.

4. Pintu Menghadap Barat Daya

Energi yang dikaitkan dengan arah barat daya adalah energi berpasangan sehingga cocok untuk energi dunia percintaan dan pernikahan. Warna yang cocok untuk arah ini adalah warna bumi yaitu kuning atau coklat seperti pasir.

5. Pintu Menghadap Barat

Warna terbaik untuk pintu rumah yang menghadap ke barat adalah yang mengandung elemen logam seperti putih dan abu-abu. Pilihan warna lain yang sesuai dengan arah ini adalah warna bumi.

6. Pintu Menghadap Utara

Alternatif warna lain adalah dengan menggunakan warna dari elemen logam yaitu putih atau abu-abu.

Utara adalah satu-satunya arah yang berkaitan dengan elemen air dalam ilmu feng shui. Pilihan warna pintu terbaik untuk arah pintu ini adalah warna hitam atau biru. Arah utara juga berkaitan dengan energi dari karir serta perjalanan hidup.

Jika warna tersebut tidak sesuai dengan warna dinding rumah, alternatif warna lain adalah dengan menggunakan warna dari elemen logam yaitu putih atau abu-abu.

7. Pintu Menghadap Timur Laut

Arah pintu ini merupakan pembuka energi untuk pertumbuhan dan pengembangan diri secara  spiritual. Dan elemen yang kuat untuk arah timur laut adalah unsur bumi. Bila rona warna bumi terlalu sederhana, Anda bisa menggunakan warna dari elemen api yaitu warna merah.

8. Pintu Menghadap Barat Laut

Memiliki arah yang sama dengan barat, maka warna yang baik digunakan adalah warna yang berkaitan dengan elemen logam. Arah barat laut juga diasosiasikan dengan orang-orang yang murah hati dan senang membantu sesama.

Jadi kira-kira warna apa yang sesuai dengan pintu depan rumah Anda? Namun jika ternyata Anda belum memiliki unit rumahnya, Anda bisa mencari yang sesuai dengan selera Anda di sini.

Foto: Thespruce

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.