Sukses


Aplikasikan Warna Cerah Agar Mood Bagus Terus

Bila Anda ingin melakukan sedikit penataan ringan agar ruangan tampak lebih ceria, simak beberapa tips mengaplikasikan warna cerah berikut.

Liputan6.com, Jakarta Bagi sebagian orang, penerapan warna cerah pada ruangan mengandung resiko yang cukup besar. Selain khawatir tampak terkesan berlebihan, mereka yang menyewa properti umumnya memang dilarang melakukan renovasi yang mencolok pada interior ruangan.

(Simak juga: Warna Cat Rumah yang Cocok Menurut Zodiak)

Padahal kombinasi warna yang cerah pada ruangan secara psikologis dipercaya bisa meningkatkan suasana hati dan sikap yang positif. Nah, bila Anda ingin melakukan sedikit penataan ringan guna membuat ruangan agar tampak lebih ceria, simak beberapa tips untuk mengaplikasikan warna cerah dari Rumah.com berikut ini.

1. Aksen dinding

Untuk menghindari kesan yang ramai dan norak, sebaiknya pilih satu atau dua sisi dinding saja untuk ‘didandani’. Dekorasilah permukaan dinding dengan warna atau corak yang Anda inginkan. Misalnya untuk kamar tidur, Anda bisa pilih sisi dinding yang disandarkan headboard (papan ranjang) sebagai dinding aksen.

2. Mengecat Lemari

Tren lemari dan furnitur berwarna putih kini mulai bergeser menjadi pilihan warna-warni cerah bernuansa pop art. Anda bisa menconteknya dengan cara mengecat ulang furnitur lama Anda dengan warna cerah favorit Anda.

Jangan ragu untuk menambah corak atau gradasi warna yang membuat lemari Anda sehingga bisa menjadi focal point di dalam ruangan. Tapi, hindari memilih furnitur berukuran besar untuk dicat, seperti kitchen set atau lemari pakaian di walk in closet.

3. Pada Bahan atau Kain

Jika Anda senang berganti-ganti warna dan motif, maka aplikasikan warna cerah pada media kain. Sarung bantal warna warni, selimut, dan tirai merupakan media yang tepat untuk menyegarkan ruangan Anda dan juga sangat mudah diganti.

4. Pajangan Seni

Berikan sentuhan artistik pada ruangan dengan memajang beberapa pajangan seni berbingkai pada dinding. Namun Anda harus memahami lokasi yang pas untuk menggantung pajangan seni.

Hindari menggantung di lokasi yang terlalu rendah karena akan membuat ruangan terkesan sempit dan pendek. Dan sebaiknya, pajang bingkai mendekati langit-langit agar perhatian mata fokus ke atas sehingga membuat ruangan Anda terkesan lega.

5. Furnitur

Pemilihan warna cerah yang tepat bisa meningkatkan mood yang positif, begitu pula pada furnitur Anda. Namun seimbangkan penerapan warna cerah pada ruangan. Jika sofa Anda sudah memiliki warna yang cerah seperti merah jambu terang maka pilih warna natural untuk cat dindingnya.

6. Karpet

Karpet warna warni dengan corak yang ramai bisa memberi kesan dinamis pada ruangan. Ini bisa menjadi pilihan tepat jika lantai Anda memiliki warna dasar yang netral. Dengan demikian si karpet bisa menjadi pusat perhatian yang menyegarkan mata.

Untuk ruang makan, karpet berwarna oranye bisa meningkatkan selera makan. Sementara untuk kamar tidur, pilih karpet dengan warna dingin dan yang menenangkan seperti warna biru.

Nah, apakah Anda tertarik untuk berani mengaplikasikan warna cerah ini sehingga mood Anda dan seluruh anggota keluarga selalu terjaga? Tapi sebelumnya, silakan pilih rumah impian Anda terlebih dahulu di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini