Sukses


8 Fungsi Klip Binder untuk Aktivitas Sehari-Hari

Manfaatkan penjepit kertas dari besi ini. Dengan penggunaan yang tepat beberapa aktivitas sehari-hari nyatanya bisa terbantu dengan alat ini

Liputan6.com, Jakarta Klip binder yang biasa digunakan untuk menjepit kertas dan buku ternyata memiliki fungsi lain yang mungkin selama ini tidak pernah terpikirkan oleh kita. Ya, dengan penggunaan yang tepat, beberapa aktivitas sehari-hari nyatanya bisa terbantu dengan memanfaatkan penjepit kertas dari besi ini.

(Baca juga: 7 Cara Memaksimalkan Fungsi Lemari Obat)

Jadi jika Anda memiliki banyak klip binder yang tidak terpakai, coba terapkan delapan lifehacks dari Rumah.com berikut ini!

1. Menggulung kabel headphone

Masukkan ujung kabel ke dalam lubang klip binder yang sudah ditekuk berbentuk segitiga. Setelah itu gulung hingga mencapai panjang yang Anda inginkan.

Headphone wireless terbilang cukup mahal harganya, sehingga headphone berkabel masih menjadi pilihan banyak orang untuk mendengarkan musik favorit dari gadgetnya. Meski demikian, kabel yang menjuntai panjang seringkali terlilit atau menjadi kusut.

Nah, dengan memanfaatkan klip binder yang ditekuk, sisa kabel yang menjuntai bisa Anda gulung dengan mudah.  Caranya, masukkan ujung kabel ke dalam lubang klip binder yang sudah ditekuk berbentuk segitiga. Setelah itu gulung hingga mencapai panjang yang Anda inginkan.

Ketika digunakan, Anda bisa menempelkan klip binder ke pakaian agar mudah dibawa ke mana-mana.

2. Menjepit Spons Cuci Piring

Kedua penjepit besi klip binder bisa digunakan untuk menahan spons berdiri tegak. Jangan lupa mengganti klip binder jika bagian besinya mulai berkarat.

Spons cuci piring yang kerap kali basah bisa menjadi tempat berkembang biak jamur dan bakteri. Dengan menjaga spons di tempat yang kering dan dalam posisi berdiri, maka spons Anda bisa kering dengan cepat.

Caranya, jepit salah satu sisi spons dengan klip binder. Kedua penjepit besi klip binder bisa digunakan untuk menahan spons berdiri tegak. Jangan lupa mengganti klip binder jika bagian besinya mulai berkarat.

3. Penjepit Kaus Kaki

Pernahkah Anda kesulitan mencari sepasang kaus kaki yang terpisah di lemari atau rak sepatu? Dengan menjepit kedua sisinya dengan binder klip, maka tidak ada lagi kejadian kaus kaki yang hilang sebelah.

4. Menghemat Ruang di Kulkas

Selain bisa menjepit makanan yang dibungkus dalam plastik agar tetap segar, jepitan klip binder juga bisa menggantung bungkus makanan di dalam kulkas.

Isi kulkas yang selalu penuh seringkali membuat Anda kebingungan ketika hendak menata dan mengisinya dengan bahan makanan yang baru. Nah, klip binder ternyata bisa digunakan untuk menghemat ruang di kulkas lho!

Selain bisa menjepit makanan yang dibungkus dalam plastik agar tetap segar, jepitan klip binder juga bisa menggantung bungkus makanan di dalam kulkas.

5. Tutup Alat Cukur

Jika tutup alat cukur Anda hilang, jangan khawatir. Klip binder ternyata bisa digunakan sebagai penutup alternatif, lho!

Ujung mata pisau alat cukur harus tetap dalam keadaan bersih dan tertutup agar aman sehingga tidak membahayakan anak-anak. Nah, jika tutup alat cukur Anda hilang, jangan khawatir. Klip binder ternyata bisa digunakan sebagai penutup alternatif, lho!

6. Sandaran Smartphone

Gunakan dua buah binder klip dengan ukuran yang berbeda. Klip yang berukuran besar berfungsi menjepit klip yang lebih kecil agar dapat menyanggah smartphone secara vertikal.

Model casing atau pelindung smartphone belakangan ini ada yang dilengkapi sandaran besi di bagian belakangnya. Namun tahukah Anda, kalau klip binder yang murah meriah juga bisa berfungsi menjadi sandaran gawai kesayangan Anda tersebut?

Caranya, gunakan dua buah binder klip dengan ukuran yang berbeda. Klip yang berukuran besar berfungsi menjepit klip yang lebih kecil agar dapat menyanggah smartphone secara vertikal.

7. Sebagai Gantungan Kunci

Dengan memanfaatkan klip binder yang diberi label nama, kini Anda jadi punya gantungan kunci yang praktis dan murah meriah.

Menyimpan banyak kunci pada dompet atau tas membuat Anda kerap bingung membedakan fungsinya satu persatu. Dengan memanfaatkan klip binder yang diberi label nama, kini Anda jadi punya gantungan kunci yang praktis dan murah meriah.

8. Menjepit Plastik Sampah

Plastik sampah yang ukurannya tidak pas dengan tempat sampah bisa membuat debu atau kotoran lain terselip di permukaan tempat sampah. Dengan memanfaatkan klip binder yang menjepit ujung tempat sampah, maka plastik sampah Anda tidak akan mudah bergeser.

Tengah mencari rumah dengan kisaran harga di atas Rp500 jutaan? Simak aneka pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.