Sukses


Cara Efektif Mempersiapkan KPR

Pembelian rumah dengan cara KPR merupakan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat saat ini karena dirasa lebih meringankan.

Liputan6.com, Jakarta Punya rumah sendiri sudah pasti jadi impian banyak orang. Sayangnya harga rumah yang terus melambung tinggi sering membuat kita gigit jari. Usaha sekuat tenaga untuk mengumpulkan down payment selalu sia-sia karena terbentur kebutuhan lain.

Sebenarnya siapa saja bisa mewujudkan mimpi memiliki rumah sendiri. Namun, memang untuk membeli sebuah rumah diperlukan perencanaan yang matang. Saat ini ada dua cara yang bisa dilakukan untuk membeli rumah, yaitu secara tunai dan dengan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) melalui bank.

Pembelian rumah dengan cara KPR merupakan yang paling banyak dipilih oleh masyarakat saat ini karena dirasa lebih meringankan.

Masalahnya sebelum menerima pengajuan Anda, bank memiliki penilaian sendiri terhadap pengajuan kredit KPR Anda. Untuk itu ada beberapa cara cerdas yang bisa Anda lakukan untuk memudahkan Anda mempersiapkan diridalam pengajuan KPR.

Buat Target Sejak Jauh Hari

Membeli rumah tentu berbeda dengan membeli sekadar barang elektronik, karena harganya jauh lebih tinggi.

Karena itu, Anda perlu mempersiapkan secara matang sejak jauh-jauh hari. Buat target harga rumah yang akan Anda beli dengan KPR.

Namun, Anda juga harus memperkirakan harga belinya di tahun-tahun mendatang. Hitung berapa kenaikan harga rumah per tahun sehingga perhitungan Anda tidak jauh berbeda saat Anda telah siap mengambil KPR.

Contoh: harga rumah yang ingin Anda impikan saat ini sekitar Rp200 Juta, maka perkiraan harga rumah sekitar 2-3 tahun mendatang senilai Rp300 Juta.

Dari nilai ini Anda bisa memperkirakan DP yang harus dibayarkan umumnya 30 persen dan biaya notaris. Jadi Anda bisa targetkan mulai dari sekarang berapa uang yang harus Anda kumpulkan untuk membayar biaya-biaya awal tersebut.

Membuat Buku Kas

Buku kas penting digunakan untuk mencatat secara rinci setiap pemasukan dan pengeluaran, sehingga arus keluar-masuk dana bisa lebih diketahui dengan jelas.

Ada banyak cara membuat buku kas, bisa secara manual ataupun Anda bisa memanfaatkan aplikasi buku kas online (lebih praktis karena perhitungan dilakukan secara otomatis).

Dengan adanya buku kas, Anda bisa menentukan kebutuhan prioritas dan mengetahui batas maksimum yang bisa Anda keluarkan setiap bulan. Dengan buku kas Anda pun bisa lebih disiplin dalam menabung.

Menabung di Bank yang Memiliki Fasilitas KPR

Saat ini banyak bank menawarkan fasilitas KPR, manfaatkan dengan baik fasilitas tersebut dengan cara membuka tabungan di bank-bank yang memberikan fasilitas KPR.

Bank tentu akan melihat hal ini sebagai poin penting referensi persetujuan jika suatu saat Anda mengajukan KPR di bank tersebut. Satu langkah lebih dekat menuju rumah impian, deh.

(Simak juga: Tahun Ayam Api, Mari Berburu Rumah Dekat Sarana Transportasi)

Beli Emas

Jika sudah mulai rutin menabung di bank setiap bulan, pikirkan cara untuk menambah pundi-pundi tabungan Anda dengan cara menabung emas.

Untuk diketahui, emas merupakan salah satu investasi yang bisa diandalkan karena nilainya jarang sekali tergerus inflasi bahkan cenderung naik.

Beli emas dengan uang tabungan untuk pembayaran DP rumah saat harga emas turun. Lalu, jual kembali di saat harga emas naik. Lakukan hal tersebut berulang-ulang, cara ini efektif untuk menambah tabungan KPR Anda.

Sesuaikan Angsuran KPR dengan Penghasilan

Jika tabungan sudah siap, tinggal pikirkan mengenai cicilan KPR. Usahakan nilai angsuran sesuai dengan kemampuan keuangan Anda. Jangan sampai cicilan KPR menjadi beban.

Ini harus dipikirkan secara rinci karena akan mengambil jangka waktu yang sangat panjang. Peraturan bank umumnya menetapkan cicilan KPR per bulan tidak boleh melebihi 30 persen dari penghasilan setiap bulan.

Anda bisa menyiasatinya dengan membesarkan pembayaran uang muka di awal. Biasanya dengan membayar DP lebih besar otomatis angsuran per bulan akan lebih ringan.

Sedang mencari rumah baru? Lihat ratusan pilihan rumah dengan harga mulai Rp200 Jutaan di Rumah.com.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.