Sukses


Ragam Manfaat baking Soda untuk Rumah Anda!

Baking soda ternyata memiliki beragam kegunaan yang bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah Anda jadi makin nyaman. Simak ragam manfaatnya.

Liputan6.com, Jakarta Baking soda merupakan bahan alami yang biasa digunakan untuk membuat adonan kue, misalnya seperti kue bolu dan kue kering agar bentuknya mengembang, tidak bantat. Tapi ternyata kegunaan baking soda tidak terbatas sebagai bahan pengembang kue saja, loh!

(Baca juga: Inilah Alat Pembersih yang Wajib Tersedia di Rumah!)

Ya, serbuk ini ternyata memiliki beragam kegunaan lain yang bisa dimanfaatkan untuk membuat rumah Anda jadi makin nyaman. Apa saja keistimewaan bubuk ajaib ini? Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak penjabarannya berikut ini.

1. Pembersih Toilet

Baking soda merupakan produk alami yang dapat membersihkan kotoran sehingga dapat dimanfaatkan juga untuk membersihkan toilet. Taburkan sedikit baking soda ke dalam toilet, kemudian sikat, dan bilas dengan cara di flush.

Hasilnya toilet pun bersih tanpa ada kotoran membandel yang tersisa. Dan berkat serbuk ajaib ini maka Anda tidak perlu membeli cairan pembersih khusus untuk toilet lagi.

2. Penghilang Noda Membandel

Noda membandel seperti tinta dan makanan biasanya akan sukar dibersihkan dari pakaian. Untuk itu Anda bisa coba membersihkannya dengan baking soda. Cukup campurkan ¼ gelas baking soda dan deterjen ke dalam mesin cuci. Diamkan selama 30 menit kemudian cuci seperti biasa. Baking soda akan mengangkat kotoran yang susah untuk dibersihkan.

3. Mencuci Buah dan Sayuran

Baking soda juga dapat menghilangkan kuman yang melekat pada sayur dan buah-buahan. Jadi sebelum mengonsumsinya, isi air ke dalam sebuah mangkuk atau panci besar kemudian tambahkan 2-3 sendok makan baking soda. Selanjutnya cucilah buah dan sayuran di mangkuk tersebut.

Menggunakan baking soda dapat membuatnya menjadi lebih bersih dibandingkan mencuci memakai air biasa.

4. Membersihkan Perabotan Dapur

Terdapat noda gosong pada perabotan masak Anda? Tidak perlu bingung karena baking soda bisa membersihkan perabotan dapur yang berbahan enamel dan tembaga seperti panci dan wajan.  Campurkan baking soda, cairan pencuci piring, serta air panas kemudian rendam panci dan wajan selama 15 menit. Setelah itu, gosok dan bersihkan seperti biasa.

Baking soda juga bisa digunakan untuk membersihkan peralatan makan dari perak. Campurkan 3 sendok makan baking soda dengan 1 sendok makan air, kemudian gosok menggunakan campuran tersebut. Bilas, lalu keringkan.

5. Menghilangkan Bau Tak Sedap

Baking soda juga mampu menghilangkan beberapa jenis bau yang biasanya terdapat di rumah, misalnya seperti bau tak sedap pada kulkas. Letakkan baking soda ke dalam wadah dan simpan di dalam kulkas. Dengan sendirinya baking soda akan menetralisir bau tersebut.

Bau lain yang cukup menyengat adalah bau busuk pada tempat sampah. Atasi dengan cara menaburinya dengan baking soda. Anda juga bisa menyingkirkan bau asap rokok di ruangan dengan menaruh baking soda pada asbak.

6. Membersihkan Saluran Air

Sering merasa jengkel karena saluran pembuangan air di rumah mampet? Taburkan segelas baking soda dan satu botol air panas ke dalam saluran pembuangan. Cara ini bisa mengurangi penyumbatan yang terjadi di dalam saluran karena sampah atau kotoran yang melekat. Selain melancarkan saluran air, bau pada saluran air juga bisa hilang dengan baking soda.

Ingin punya rumah dengan cicilan per bulan yang ringan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Depositphotos

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.