Sukses


Perhatikan Ini Saat Akan Pasang Tanki Air

Jika memang Anda ingin menggunakan menara, pastikan besinya cukup kokoh.

Liputan6.com, Jakarta Ketika Anda membangun atau membeli rumah, tangki air alias toren menjadi salah satu hal yang menjadi pertimbangan Anda. Pasalnya, tentunya tak selamanya Anda bisa mengandalkan PAM.

Kebutuhan air bersih setiap satu orang biasanya sekitar 233 liter setiap harinya, jadi besarnya toren pun harus Anda sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, sebelum mendirikan toren di rumah, inilah yang harus diperhatikan.

Tentukan letak penempatan toren

Biasanya, toren akan diletakkan pada menara yang terbuat dari besi. Jika memang Anda ingin menggunakan menara, pastikan besinya cukup kokoh dan jangan sampai ada celah pada dudukan toren.

Jika torennya berukuran di atas 500 liter, gunakan besi yang besar. Toren juga dapat ditempatkan pada tower yang terbuat dari beton.

Alas yang rata

Pastikan pula alas pondasi peletakkan besi penyangga toren atau peletakkan toren rata dan tidak miring. Jika miring dan isi torennya penuh, kemungkinan toren hanya bertumpu pada satu sisi dan berisiko menyebabkan kebocoran.

Perhatikan lebar pondasi tiang untuk tangki

Tiang yang akan digunakan untuk menyangga toren harus lebih lebar daripada diameter torennya sehingga dapat menyangga toren dengan maksimal. Ingat, beban toren akan bertambah jika bagian dalamnya terisi air dengan penuh.

(Simak juga: Agar AC Rumah Awet Sampai 10 Tahun)

Perhatikan kondisi di bawah toren

Jangan meletakkan toren di atas dak beton rumah jika suatu saat Anda ingin membangun rumah tingkat. Pilihlah halaman yang bebas dari kabel atau tanaman, lalu bangunlah menara tangki sehingga tidak mengambil space dari luas bangunan rumah Anda.

Jauh dari area limbah

Sebaiknya tidak meletakkan toren di area yang kotor, misalnya di atas septic tank, pembuangan limbah rumah tangga, atau gudang. Anda tentu tidak ingin jika air yang masuk ke dalam penampungan air sudah terkontaminasi.

Pilih toren yang berkualitas

Pilih toren yang sudah memiliki nama sehingga tidak mudah pecah dan tidak bocor. Selain itu, untuk menjaga kualitas airnya, Anda harus membersihkan toren setiap 3-6 bulan sekali.

Saat ini, pengembang perumahan tengah fokus memasarkan hunian berukuran kecil, banyak bonus dan potongan harga yang diberikan. Tertarik mencari hunian baru? Temukan ratusan pilihan dengan harga mulai Rp150 Jutaan di sini.

Sumber: Rumah.com

Foto: coastandcountrywatertank

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini