Sukses


Ingin DP Rumah Cepat Terkumpul? Kurangi Pengeluaran Ini!

Masalahnya, jika tidak disiplin mengumpukan sebagian penghasilan, tentunya memiliki rumah hanya menjadi impian.

Liputan6.com, Jakarta Semua orang pasti ingin memiliki rumah. Banyak yang menginginkannya untuk tempat tinggal, sementara yang sudah punya tempat tinggal, menginginkannnya untuk investasi.

Masalahnya, jika tidak disiplin mengumpukan sebagian penghasilan, tentunya memiliki rumah hanya menjadi impian.

Jika tak ingin hal ini terjadi, tentunya hal pertama yang harus Anda miliki adalah uang untuk DP. Setelahnya, barulah Anda mulai mencicil sisanya. Awalnya memang berat, tapi, seperti dikutip dari Rumah.com, inilah pos yang bisa Anda kurangi jika ingin DP segera terkumpul.

Uang transport

Boleh dibilang pengeluaran terbesar bulanan Anda adalah untuk transportasi, terutama jika Anda membawa kendaraan sendiri dan jarak tempat kerja dengan rumah cukup jauh.

Biaya BBM, parkir, dan tol jika dikalikan jumlah hari kerja tentunya tak sedikit. Untuk itu, mulailah melirik transportasi umum. Lakukan perbandingan, berapa banyak yang bisa dihemat jika menggunakan transportasi umum.

Memang mungkin tak senyaman mobil pribadi, Andapun harus bangun lebih pagi. Tapi, penghematan yang Anda lakukan dapat dialokasikan untuk mengumpulkan DP rumah.

(Simak juga: Gaji Rp1,8 Juta Bisa Beli Rumah, Lho!)

Cek lokasi kerja

Bila pekerjaan Anda memberikan waktu yang fleksibel, sehingga memungkinkan Anda bekerja di mana saja—tak harus di kantor—sebaiknya hindari bekerja di kafe.

Dibandingkan Anda harus membayar uang ngopi dan ngemil hampir Rp 100 Ribu, lebih baik jika Anda mengerjakan tugas kerja di rumah. Sayang, kan, Anda sudah menambahkan fasilitas WiFi di rumah tapi tak digunakan.

Batasi camilan

Membiasakan diri untuk makan sesuai dengan kebutuhan kalori harian akan lebih menyehatkan tubuh sekaligus menghemat uang Anda.

Caranya, tetapkan aturan jika Anda sudah makan lengkap tiga kali sehari, Anda tidak lagi ngemil. Jadi tak ada lagi jajan di sore hari atau membeli kopi kemasan.

Olahraga sendiri

Bila Anda termasuk orang yang mandiri dan tak harus menunggu diajak teman untuk berolahraga, pikir ulang jika ingin menjadi member pusat kebugaran.

Pilih olahraga yang bisa dilakukan sendiri, misalnya lari di area olahraga yang tak jauh dari kantor, atau download aplikasi olahraga seperti 7 Minutes Workout di ponsel. Ikuti pula komunitas olahraga yang gratis, seperti lari atau yoga di taman.

Paket internet yang sesuai

Bila Anda mendapatkan koneksi internet yang bagus di kantor, dan rumah juga menggunakan fasilitas internet yang memadai, sebaiknya tak perlu berlangganan paket internet di ponsel yang terlalu mahal.

Gunakan secukupnya, karena Anda masih bisa menggunakan fasilitas yang sudah ada. Sebaliknya jika Anda memang jarang di rumah, tak perlu memasang fasilitas internet di rumah, cukup gunakan WiFi yang mobile.

Untuk mendapatkan pilihan rumah yang sesuai kebutuhan dan kemampuan Anda, simak puluhan rumah di bawah Rp300 Juta di sini.

Foto: Pixabay

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.