Sukses


Baca ini Sebelum Menitipkan Hewan Peliharaan Anda!

Jika Anda terpaksa harus menitipkan hewan peliharaan ke tempat penitipan hewan, maka perhatikan beberapa poin berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Memelihara hewan di rumah terbukti memberikan banyak manfaat. Sebut saja mulai dari meningkatkan kekebalan tubuh hingga menurunkan tingkat stres. Namun memelihara hewan peliharaan bisa jadi malah juga akan bikin Anda stres ketika Anda akan berlibur ke luar kota dalam waktu yang lama. Iya, kan?!

Menyerahkan perawatan hewan peliharaan ke anggota keluarga lain mungkin saja bisa jadi pilihan. Namun, apakah Anda yakin jika mereka bisa merawat hewan kesayangan Anda dengan cermat? Daripada mengambil risiko, titipkan saja ke tempat penitipan hewan terdekat.

(Baca juga: Membuat Hewan Peliharaan Tetap Tenang Saat Pindahan)

Ya, jasa penitipan hewan kini semakin populer di Indonesia. Tingginya tingkat kepedulian banyak orang terhadap hewan peliharaan membuat penyedia jasa berlomba-lomba menyediakan pelayanan terbaik dengan tarif yang bersaing. Jika pada akhirnya Anda harus menitipkan hewan peliharaan Anda ke penitipan hewan maka simak beberapa poin berikut ini.

1. Lokasi

Sama halnya dengan penyedia jasa di sektor lain, tarif yang dikenakan akan berbeda-beda di setiap lokasi. Hal ini didasarkan pada standar biaya hidup yang berlaku di sebuah daerah. Untuk itu sebelum memilih tempat penitipan hewan, Anda perlu membandingkan tarif pasaran yang berlaku di lokasi tempat tinggal.

2. Pelayanan yang Diberikan

Nah, setelah mengetahui tarif pasaran, kini saatnya memahami pelayanan apa saja yang akan didapatkan oleh hewan peliharaan Anda dengan harga tersebut. Apakah anjing atau kucing Anda akan diajak berjalan-jalan oleh pet-sitter? Jika iya, maka tanyakan berapa kali dan berapa lama durasinya.

Untuk pelayanan tambahan seperti permainan yang disediakan, kandang yang dibersihkan secara rutin, dan obat-obatan yang disediakan juga perlu Anda tanyakan. Bisa jadi pelayanan tersebut akan dikenakan biaya tambahan.

3. Jenis Hewan yang Dititipkan

Faktor lain yang mempengaruhi tarif penitipan hewan ialah jumlah dan jenis hewan yang akan Anda titipkan. Banyaknya jenis hewan yang dititipkan di pet care tentu membutuhkan perawatan yang berbeda-beda. Misalnya satu kucing Persia akan membutuhkan sedikit perawatan ketimbang dua anjing Samoyed. Untuk itu, biasanya hewan kesayangan Anda akan ditimbang sebelum ditetapkan biaya penitipannya.

Dikutip dari Rumah.com, tarif penitipan anjing dan kucing per hari berada di kisaran Rp65.000 untuk kucing kecil dan Rp150.000 untuk anjing berukuran besar. Harga tersebut sudah termasuk makanan, vitamin, dan minyak ikan.

Mereka juga akan diajak berjalan keliling halaman, pagi dan sore hari. Namun biaya tersebut bisa naik sekitar 30 persen di high season seperti lebaran, natal, tahun baru, dan Chinese New Year.

4. Biaya tak Terduga

Jika Anda berencana menitipkan hewan dalam waktu lebih dari seminggu, maka Anda perlu menghitung biaya tak terduga ke dalam rincian tagihan. Nantinya uang tersebut bisa menjadi deposit untuk perawatan ekstra bila sewaktu-waktu hewan Anda jatuh sakit.

Dengan begitu hewan peliharaan Anda akan lebih diperhatikan dan terjamin perawatannya. Pastikan pet sitter menyimpan rincian biaya seperti bon atau nota pembayaran untuk mempermudah proses reimbursements.

5. Fasilitas yang disediakan

Terakhir, sebelum Anda mengalkulasi tarif penitipan, ketahui dengan pasti fasilitas apa yang tersedia di pet care tersebut. Misalnya disediakan tempat tidur yang nyaman, pendingin udara di ruangan, sampai dengan kolam renang dan arena bermain di luar ruangan. Hal ini bisa membantu anda lebih yakin mengambil keputusan dengan biaya yang mereka tawarkan.

Tertarik punya rumah dengan harga di bawah Rp300 jutaan? Simak aneka pilihan rumahnya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini