Sukses


Setiap Rumah Wajib Punya Alat Pembersih Seperti Ini!

Anda butuh beberapa alat pembersih untuk meringankan pekerjaan bersih-bersih di rumah. Simak alat pembersih apa saja yang wajib tersedia.

Liputan6.com, Jakarta Rumah yang selalu bersih dan nyaman pastinya akan membuat semua penghuninya betah berada di dalamnya. Namun untuk mewujudkan rumah yang bersih dan nyaman maka Anda harus rajin membersihkan seluruh bagian ruangan rumah secara rutin.

(Baca juga: Kapan Saatnya Menganti Alat Pembersih)

Tentu saja Anda akan membutuhkan beberapa alat pembersih agar dapat meringankan pekerjaan bersih-bersih tersebut. Simak alat pembersih apa saja yang harus tersedia di rumah Anda seperti yang dirangkum dari Rumah.com berikut ini.

1. Spons

Menggunakan tisu saat membersihkan rumah tentu saja merupakan pemborosan. Dengan menggunakan spons, kegiatan membersihkan rumah tentunya akan jadi lebih efisien. Namun perlu diingat spons bisa menjadi tempat berkembang biaknya bakteri karena keadaan lembab secara terus menerus. Cuci spons setiap satu hingga dua minggu penggunaan.

2. Kain Microfiber

Debu sangat kecil dan begitu ringan sehingga terkadang menyapu atau menyedotnya belum tentu bisa membersihkan seluruh bagian benda yang dibersihkan dengan sempurna. Anda bisa menggunakan kain microfiber untuk membersihkan debu yang lolos karena bahan microfiber dibuat mampu menarik dan menjebak partikel debu sehingga tidak akan berpindah tempat.

3. Sarung Tangan Plastik

Gunakanlah sepasang sarung tangan untuk melindungi tangan Anda. Menggunakan sarung tangan bisa menghindari Anda dari cidera atau rusaknya kulit akibat terkena bahan kimia dari cairan pembersih.

Selain itu, sarung tangan juga memudahkan Anda ketika menyentuh permukaan yang panas atau kasar dan juga menghindari penyebaran kuman.

4. Sikat Gigi Bekas

Sikat gigi juga dapat membantu Anda membersihkan barang dan perabotan di rumah. Dengan bulu yang tebal dan bentuk ergonomis, sikat gigi bekas dapat digunakan untuk membersihkan hingga bagian sudut yang sulit dijangkau oleh alat pembersih lain seperti nat tegel atau saluran air pada bak cuci piring.

5. Penghisap Debu

Menggunakan sapu memang merupakan cara yang umum dilakukan untuk membersihkan debu dan kotoran di rumah. Namun tidak ada salahnya juga menggunakan penghisap debu sehingga membersihkan lantai maupun karpet dari debu menjadi lebih cepat.

6. Pel dan Ember

Agar lantai rumah selalu bersih dan mengkilap adalah dengan mengepelnya. Karena itu pel dan ember harus selalu tersedia rumah. Namun pastikan Anda mengepel rumah tidak dalam keadaan terlalu basah, karena jika lama keringnya lantai rumah malah akan menjadi kotor.

7. Botol Semprotan

Jika Anda ingin membuat sendiri cairan pembersih di rumah, siapkan beberapa botol penyemprot untuk memudahkan Anda ketika akan membersihkan rumah. Beri nama atau warna yang berbeda untuk botol tersebut agar tidak tertukar. Botol-botol penyemprot ini bisa digunakan untuk:

  • Pembersih serbaguna: 1 sendok teh sabun cuci piring dan 4 cangkir air
  • Pembersih disinfektan: campuran antara alkohol dan air
  • Pembersih kaca: campuran antara vinegar dan air
  • Pembersih sela-sela lantai: campuran antara sabun cuci piring dan vinegar.

Jika punya rumah baru, bersih-bersih rumahnya pasti akan lebih semangat. Untuk itu simak saja aneka pilihan rumahnya di sini.

Foto: Depositphotos

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.