Sukses


Metode Montessori Pun Bisa Diterapkan di Rumah

Dengan beberapa peralatan sederhana, 10 kegiatan seru ini bisa Anda coba sambil mengisi waktu bersama sang buah hati.

Liputan6.com, Jakarta Belakangan ini metode Montessori banyak dipilih orangtua sebagai metode pembelajaran anak-anak pada usia di bawah lima tahun. Metode yang ditemukan oleh Dr. Maria Montessori ini mendidik buah hati di periode masa keemasan untuk belajar secara mandiri.

Anak-anak yang menyukai gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik sangat pas diperkenalkan dengan metode ini. Beberapa sekolah pun banyak yang mengadopsi pendekatan ini di preschool atau taman bermain kanak-kanak. Dan Anda sebagai orangtua juga bisa menerapkan pendidikan ala montessori di rumah juga, loh!

(Baca juga: Ini Cara Menerapkan Metode Montessori di Rumah)

Dengan beberapa peralatan sederhana, kegiatan seru ini bisa Anda coba sambil mengisi waktu bersama sang buah hati. Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak 10 aktivitas yang bisa Anda praktekkan di akhir pekan nanti!

Pohon Keluarga

Agar lebih colorful, beri pewarnaan menggunakan teknik cap yang bisa Anda buat dari spons yang dipotong menyerupai bentuk daun.

Pernahkah Anda menyadari bahwa banyaknya jumlah anggota keluarga membuat anak kesulitan menghapal nama mereka satu persatu? Dengan menuliskan di sebuah pohon keluarga maka sedikit demi sedikit anak akan terlatih menghapal dan mengerti silsilah keluarga besar.

Agar lebih colorful, beri pewarnaan menggunakan teknik cap yang bisa Anda buat dari spons yang dipotong menyerupai bentuk daun.

Menjadi Pilot

Aturan mainnya: Siapa yang paling banyak mengumpulkan poin, maka akan menjadi pemenangnya.

Untuk anak laki-laki, bermain pesawat kertas merupakan hal yang biasa. Karena itu buat aktivitas ini jadi lebih menyenangkan dengan membuat papan atau kertas karton yang dilubangi.

Masing-masing lubang akan memiliki nilai skor tersendiri jika si kecil berhasil menerbangkan pesawat ke dalamnya. Siapa yang paling banyak mengumpulkan poin, maka akan menjadi pemenangnya.

Pot Rumah Peri

Cara ini akan membuat si kecil akan bersemangat setiap kali diajak menyiram tanaman pot kesayangannya.

Bagi anak-anak usia balita, glitter dan bebatuan warna warni merupakan harta karun yang indah dilihat. Buat mereka membuat rumah peri sendiri dengan menghias pot tanaman dengan taburan glitter (debu metalik), batu warna warni, dan mainan kecil untuk menghiasnya.

Si kecil akan bersemangat setiap kali diajak menyiram tanaman pot kesayangannya.

Lompat Kodok

Gambar arena bermain di aspal menggunakan kapur papan tulis. Siapa yang sampai di tengah lebih dulu akan menjadi pemenangnya.

Permainan ini mengingatkan kita pada masa kecil ketika belum mengenal gadget. Buat kodok dari kertas lipat warna warni, lalu ajak anak-anak bermain lompat kodok di depan rumah. Gambar arena bermain di aspal menggunakan kapur papan tulis. Siapa yang sampai di tengah lebih dulu akan menjadi pemenangnya.

Majalah Dinding

Hasil karyanya bisa Anda pajang di dinding ruang tamu agar mereka senang tiap kali melihatnya.

Untuk si kecil yang senang menggunting dan menempel, membuat kreasi majalah dinding adalah ide yang cemerlang. Siapkan majalah bekas, cat air, gunting dan lem dan biarkan imajinasinya bermain. Hasil karyanya bisa Anda pajang di dinding ruang tamu agar mereka senang tiap kali melihatnya.

Kalung kertas

Anda juga bisa memanfaatkan selotip berwarna dan bermotif sebagai variasi. Terakhir, gabungkan satu persatu menggunakan benang membentuk untaian kalung.

Membuat kalung dari manik-manik bisa dengan mudah dilakukan, namun bagaimana jika si kecil berkreasi dengan membuat manik-maniknya sendiri? Pertama-tama, gulung kertas berwarna yang sudah di lem. Jika sudah kering, gunting dengan panjang yang berbeda-beda.

Anda juga bisa memanfaatkan selotip berwarna dan bermotif sebagai variasi. Terakhir, gabungkan satu persatu menggunakan benang membentuk untaian kalung.

Cat Busa

Jika balon tiup hendak jatuh, tadahi dengan kertas putih. Hasilnya akan membentuk gambar abstrak warna warni yang cantik.

Siapa yang tidak senang bermain balon tiup menggunakan cairan busa? Agar sisa cairan busa tidak terbuang percuma, Anda bisa mengakalinya dengan memberikan pewarna food grade ke dalamnya. Jika balon tiup hendak jatuh, tadahi dengan kertas putih. Hasilnya akan membentuk gambar abstrak warna warni yang cantik.

Batu Bercerita

Anak-anak pun akan punya cerita seru dibalik gambar yang terlukis di bebatuan mungilnya.

Punya bebatuan di pekarangan rumah? Mengapa tidak dijadikan media lukis? Gunakan cat akrilik untuk hasil permanen sehingga bisa dipajang. Anak-anak pun akan punya cerita seru dibalik gambar yang terlukis di bebatuan mungilnya.

Cap lukis

Potong bubble wrap dengan bentuk yang Anda inginkan. Kemudian tempelkan pada kertas atau media kain setelah dicelupkan pada cat air atau cat akrilik.

Selain spons, bubble wrap juga bisa digunakan untuk menjadi media cap lukis yang murah meriah. Potong bubble wrap dengan bentuk yang Anda inginkan. Kemudian tempelkan pada kertas atau media kain setelah dicelupkan pada cat air atau cat akrilik.

Mengenal Bentuk

Siapkan beberapa karet gelang untuk digunakan membuat bentuk, seperti segitiga, segiempat, dan bujur sangkar.

Selain menggambar langsung, anak-anak juga bisa mengenal berbagai jenis bentuk dengan media tiga dimensi. Caranya siapkan papan yang telah dipaku merata secara berurutan. Kemudian siapkan beberapa karet gelang untuk digunakan membuat bentuk, seperti segitiga, segiempat, dan bujur sangkar. Sangat mudah!

Agar kegiatan montessori ataupun aktivitas anak lebih menyenangkan, tentunya juga harus didukung kondisi rumah dan lingkungannya. Untuk itu simak aneka pilihan perumahan di bawah Rp500 juta yang dapat mendukung aktivitasnya.

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.