Sukses


Langkah Tepat Bersihkan Rumah Setelah Kebanjiran

Usai dilanda banjir, pekerjaan yang terbilang cukup melelahkan adalah membersihkan bekas kotoran yang menempel di seluruh ruangan rumah.

Liputan6.com, Jakarta Musibah banjir yang hampir merata di sejumlah daerah di Indonesia sudah terjadi hampir satu minggu belakangan ini. Tak terkecuali di Ibu Kota.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta pada tanggal 21 Februari kemarin, terpantau ada genangan air di pemukiman warga dengan ketinggian minimal 10 cm dan maksimal 200 cm dengan rincian; 25 Kecamatan, 39 Kelurahan dan 129 RW.

Diantaranya termasuk Cipinang Melayu, Kemang, Cakung, Mampang Prapatan, Kelapa Gading, Duren Sawit, Pegangsaan, Pasar Rebo, hingga Pulo Nangka Timur.

Usai dilanda banjir, pekerjaan yang terbilang cukup melelahkan adalah membersihkan bekas kotoran yang menempel di seluruh ruangan rumah. Sebab jika dibiarkan terlalu lama bisa berakibat terhadap kesehatan anggota keluarga.

Baca juga: Kiat Memilih dan Menjaga Furnitur agar Tahan Banjir

Lalu, langkah apa sajakah yang perlu dilakukan saat membersihkan rumah pasca terkena banjir? Simak tipsnya seperti dirangkum Rumah.com.

Gunakan air bersih

Lumpur dan air yang kotor sudah pasti akan menyeruak ke berbagai sudut rumah. Untuk mengatasinya, sediakan air bersih yang dialiri dengan selang panjang berikut serokan karet untuk mengusir kotoran tersebut dari dalam rumah.

(Pilih perumahan bebas banjir di sini)

Pakai pelindung

Penyebaran penyakit pernafasan dan pencernaan pasca banjir bisa berlangsung cepat. Supaya tidak tertular penyakit-penyakit yang lazim terjangkit setelah bencana banjir, sangat disarankan menggunakan sarung tangan, alas kaki, dan masker saat membersihkan rumah.

Semprotkan desinfektan

Masih terkait dengan penyakit pascabanjir, disinfektan sangat diperlukan saat membersihkan hunian. Oleh karenanya, semprotkan cairan disinfektan ke dinding, lantai, atau daerah yang sulit terjangkau seperti kolong lemari atau di sela meja.

Baca juga: Enam Rumah Amfibi yang Bisa Jadi Solusi Banjir

Rendam di air panas

Bisa jadi peralatan makan di dapur seperti sendok, garpu, dan spatula, ikut terendam air banjir. Ingat, mencuci saja belum tentu cukup.

Ada baiknya rendam alat makan tersebut di dalam ember yang telah berisi air panas. Jika perlu, tambahkan sabun cuci piring dan biarkan selama kurang lebih 15 menit.

(Cari Rumah Bebas Banjir di Bandung)

Jemur sofa dan kasur

Pengeringan menggunakan cahaya matahari adalah yang paling efektif. Selain mengeringkan, juga dapat membunuh kuman dan mengurangi bau tak sedap.

Untuk barang-barang berukuran kecil, seperti pakaian, selimut, atau handuk, bisa dicuci dengan cara biasa atau direndam dahulu menggunakan air panas.

Sedangkan sofa, karpet, dan kasur, setelah dibersihkan dan dijemur, perlu disemprot dengan cairan disinfektan untuk membunuh kuman yang bersarang. Setelah itu lakukan penjemuran ulang.

Lap dengan spons

Untuk dinding yang terkena kotoran bekas banjir, sebaiknya pakai spons basah yang sudah diberi sabun cuci piring terlebih dulu. Apabila saat dibersihkan cat mengelupas, jangan diteruskan dan tunggu dinding hingga benar-benar kering untuk dicat kembali.

(Klik rumah.com/perumahan-baru dan temukan puluhan apartemen dan rumah dengan harga mulai Rp100 Jutaan).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.