Sukses


Tips Latih Hewan Peliharaan agar Tidak Naik ke Sofa

Jika ingin sofa atau ranjang Anda tetap bersih dan bebas dari bulu-bulu halus dan kotoran hewan peliharaan, coba praktekkan tips berikut.

Liputan6.com, Jakarta Merawat hewan peliharaan di rumah artinya Anda harus siap melakukan bersih-bersih dan merawat furnitur secara rutin. Setiap orang tentunya memiliki perlakuan yang berbeda-beda terhadap hewan peliharaannya sendiri.

Ada yang memperbolehkan hewan kesayangannya menempati sofa dan kasur majikannya, namun ada juga yang melarang hewan berbulu untuk bergabung duduk di sofa atau tidur di kasur bersama pemiliknya.

(Baca juga: Menghilangkan Bulu Hewan pada Perabotan Rumah)

Bagaimana peraturan yang diterapkan di rumah Anda? Karena menjaga rumah tetap bersih dan rapi merupakan hal yang sangat penting. Terlebih jika ada anggota keluarga yang memiliki penyakit asma atau alergi pernapasan lainnya. Anda juga harus rajin mengepel lantai dan menyedot debu setidaknya dua kali sehari agar rumah tetap bersih.

Jika Anda ingin menjaga sofa atau ranjang tetap bersih dan bebas dari bulu-bulu halus dan kotoran yang menempel, coba praktekkan beberapa tips dari Rumah.com berikut ini.

1. Latih mereka dari awal

Sama halnya dengan manusia, sekali saja hewan peliharaan Anda melompat ke atas sofa, maka akan sulit menghilangkan kebiasaan tersebut. Hal ini berlaku untuk anjing, kucing, dan hewan berkaki lainnya.

Agar mereka tidak berani melakukannya di sofa atau tempat tidur Anda maka buat peraturan dan disiplinkan mereka sejak awal di adopsi.

2. Jangan sampai menjadi kebiasaan

Jika hewan kesayangan Anda sudah terbiasa melompat ke sofa, ranjang, atau bahkan mungkin meja makan, maka Anda bisa melatih mereka dari awal. Turunkan mereka ke lantai jika sudah berada di atas sofa.

Bila sudah menurut maka Anda bisa memberinya hadiah, misalnya dengan snack khusus hewan. Namun langkah ini akan membutuhkan kesabaran hingga menuai hasil.

3. Coba trik baru

Bila kebiasaan tidur hewan peliharaan Anda di atas sofa masih sulit dihilangkan, maka Anda harus mencoba cara baru yang lebih tegas. Salah satu caranya bisa dengan melapisi sofa atau ranjang dengan karpet plastik yang licin.

Beri beberapa tetes wewangian ruangan cair seperti lemon atau apel di permukaan karpet plastik sehingga mereka merasa tidak nyaman ketika berada di atasnya. Biarkan beberapa hari sampai mereka terbiasa untuk tetap di bawah lantai.

4. Sediakan tempat khusus: Hewan peliharaan Anda tentu membutuhkan tempat yang nyaman untuk tidur dan bermalas-malasan. Jika mereka sudah terbiasa untuk menjauhi sofa dan furnitur lainnya, maka sediakan kasur atau tempat tidur khusus untuk mereka.

Ajarkan mereka untuk terbiasa tidur di sana. Supaya lebih nyaman, lapisi kasur dengan selimut yang mudah dibersihkan.

Berminat punya rumah baru dengan kisaran harga di bawah Rp500 jutaan? Simak puluhan pilihan perumahannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini