Sukses


Buat Meja Makan Minimalis di Ruang Sempit

Meja makan merupakan set furnitur yang wajib ada di rumah. Namun jika rumah Anda berukuran mungil maka simak beberapa inspirasi berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Meskipun memiliki rumah berukuran mungil bukan berarti Anda harus mengurangi area penting di dalam rumah. Katakan saja seperti area makan. Dengan fungsi sebagai tempat berkumpul keluarga dan bersantap makan bersama-sama, meja makan bisa dibilang sebagai set furnitur yang wajib ada di dalam rumah.

(Baca juga: Inspirasi Desain: Ruang Tamu Modern Bergaya Minimalis)

Namun, bagaimana caranya menghadirkan meja makan jika sisa area yang Anda punya hanya di lorong atau sudut ruangan? Ternyata dengan pemilihan furnitur yang tipis dan mudah dilipat, Anda tetap bisa punya area makan yang nyaman dan bergaya juga loh!

Untuk itu simak beberapa inspirasi meja makan minimalis dari Rumah.com berikut ini.

Nyaman di Sudut Ruangan

Contek gaya di atas dengan memadukan dua buah kursi lipat kayu dan meja bundar berkaki ramping.

Area sudut ruangan seringkali luput dari perhatian. Daripada hanya dibiarkan kosong atau diisi lampu stand, maksimalkan fungsinya sebagai area makan. Karena luasnya yang terbatas, maka buat area makan ini tetap nampak sederhana namun rapi.

Contek gaya di atas dengan memadukan dua buah kursi lipat kayu dan meja bundar berkaki ramping. Selain hemat biaya, Anda juga lebih efisien memanfaatkan ruang, kan?!

Sarapan di Balkon? Mengapa Tidak?

Anda bisa membuat ruang makan ini lebih cerah di malam hari dengan menambah lampu dekorasi yang menjuntai.

Area balkon atau teras rumah juga bisa disulap menjadi area makan yang privat, loh. Syaratnya, balkon harus dilengkapi dinding pagar yang cukup tinggi. Dengan demikian privasi Anda dan keluarga ketika menyantap hidangan jadi tidak terganggu.

Buat balkon menjadi ruang terbuka yang nyaman dengan memberi lapisan karpet vinyl pada lantainya. Sementara itu, Anda bisa membuat ruang makan ini lebih cerah di malam hari dengan menambah lampu dekorasi yang menjuntai.

Gabungkan dengan area santai

Pastikan pencahayaan ruang cukup meski di siang hari dengan meletakkan set meja ini di dekat jendela.

Anda juga bisa menggabungkan untuk membuat ruang makan sekaligus area berkumpul sembari membaca buku. Hadirkan nuansa kasual pada meja makan tersebut dengan memilih kursi yang santai dan nyaman untuk duduk berlama-lama.

Pastikan pencahayaan ruang cukup meski di siang hari dengan meletakkan set meja ini di dekat jendela.

Furnitur Lipat yang Tipis

Siapkan meja portabel yang bisa dilipat ke dinding ketika tidak digunakan. Siapkan juga dua hingga tiga kursi lipat yang bisa ditata ketika waktu makan tiba.

Untuk rumah yang ekstra minimalis dalam hal luas bangunan, furnitur lipat merupakan perabot andalan yang wajib dimiliki. Saking menghemat ruang, mungkin Anda terpaksa membuat meja makan ‘dadakan’ di lorong rumah.

Untuk mengakalinya, siapkan meja portabel yang bisa dilipat ke dinding ketika tidak digunakan. Siapkan juga dua hingga tiga kursi lipat yang bisa ditata ketika waktu makan tiba.

Ala Meja Bakso

Gaya meja makan ala warung makan ini bisa Anda wujudkan dengan memesan custom di pengrajin kayu.

Desain meja makan ala warung makan yang satu ini sangat pas untuk Anda yang menyukai gaya kontemporer. Selain menghemat tempat, modelnya yang praktis membuat ruangan terkesan lega. Gaya meja makan ala warung makan ini bisa Anda wujudkan dengan memesan custom di pengrajin kayu.

Ingin punya rumah bergaya minimalis agar bisa mengaplikasikan desain meja makan seperti di atas? Simak dulu aneka pilihan rumahnya di sini.

Foto: Apartementtherapy.com

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini