Sukses


Pasang Hammock di Rumah dan Dapatkan Manfaatnya

Simak bagaimana cara memasang hammock yang benar dan manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan memasang tempat tidur gantung ini di dalam rumah

Liputan6.com, Jakarta Banyak orang yang menyukai hammock atau tempat tidur gantung yang bentuknya seperti ayunan ini. Hal itu mungkin karena hammock identik dengan suasana santai atau saat liburan. Ya, karena benda ini biasanya memang di tempatkan di tengah alam seperti gunung atau tepi pantai.

(Baca juga: Tips Mengubah Kamar agar Tidur Lebih Nyenyak)

Namun, tahukah Anda jika selain sebagai tempat untuk bersantai ternyata hammock juga memiliki beragam manfaat bagi hidup Anda? Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak apa saja manfaat yang bisa Anda dapat dengan memasang tempat tidur gantung ini di dalam rumah.

1. Menyembuhkan Insomnia

Penilitian di sebuah universitas di Swiss menyatakan bahwa hammock memiliki fungsi membuat tubuh menjadi lebih rileks sehingga di beberapa kasus juga dapat menyembuhkan insomnia.

2. Membuat Tidur Lebih Nyenyak

Ayunan yang lembut ketika Anda tidur di atas hammock dapat membantu kerja otak saat tidur sehingga tidur jadi lebih dalam dan nyenyak. Ingat kan bagaimana nyenyaknya tidur siang sambil sedikit berayun di atas hammock ketika liburan?

Tidur dengan teratur di atas hammock juga bisa membantu Anda untuk melupakan segala kekhawatiran sehingga dapat menurunkan tingkat stres.

3. Merupakan Posisi Tidur yang Ideal

Tidur di atas hammock membuat tulang punggung, posisi kepala, tulang punggung, dan tulang belakang berada pada posisi sempurna. Dan posisi ayunan juga membuat badan tidak terlalu menekan sehingga posisi tidur ini akan mengurangi sakit pada punggung.

4. Sebagai Tempat yang Nyaman untuk Belajar

Menggunakan hammock sebagai tempat untuk membaca juga dapat meningkatkan fungsi otak untuk beraktivitas sehingga proses belajar menjadi lebih efisien. Selain itu, penggunaan hammock juga akan meningkatkan gelombang otak sehingga akan membantu Anda untuk bermeditasi.

Dimana Tempat yang Tepat Untuk Menggantung Sebuah Hammock?

Pastikan posisinya berada di dekat jendela sehingga Anda bisa merasakan sinar matahari ketika bersantai di siang hari.

Mungkin Anda akan sedikit kesulitan untuk menentukan tempat mengggantung hammock di dalam rumah. Jika Anda tidak memiliki area teras yang cukup luas, gantungkan hammock di area ruang keluarga atau di kamar tidur. Dan pastikan posisinya berada di dekat jendela sehingga Anda bisa merasakan sinar matahari ketika bersantai di siang hari.

Pilih hammock dengan motif yang sesuai dengan lokasi ruangan pemasangan. Jika ingin bergaya minimalis Anda bisa menggunakan warna hitam putih, atau bisa juga menggunakan motif penuh warna sehingga bisa mencerahkan ruangan.

Cara Menggantung Hammock di Dalam Rumah

Apabila Anda menghindari pemasangan yang membutuhkan pengeboran sehingga dapat merusak dinding, gunakan sebuah tiang yang cukup kuat.

Gunakan gantungan khusus yang banyak dijual di tempat peralatan rumahtangga untuk memasang hammock. Namun apabila Anda menghindari pemasangan yang membutuhkan pengeboran sehingga dapat merusak dinding, gunakan sebuah tiang yang cukup kuat dan biasa digunakan untuk menggantungkan jaket atau topi.

Mendekorasi Hammock

Tambahkan tanaman disekitarnya atau agar Anda tetap merasa terinspirasi kelilingi hammock dengan berbagai karya seni.

Dekorasi ruangan di sekitar hammock agar menjadi tempat yang benar-benar membuat Anda rileks. Tambahkan tanaman disekitarnya atau agar Anda tetap merasa terinspirasi kelilingi hammock dengan berbagai karya seni. Anda juga bisa memasang beberapa lampu gantung untuk memberikan cahaya lembut di malam hari.

Ingin punya rumah di lokasi yang bikin Anda merasa seperti liburan setiap hari? Simak aneka pilihannya di sini. 

Foto: Pixabay

Mita Agustina

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.