Sukses


Tips Agar Furniture Anda Tahan Banjir

Untuk meminimalisir kerusakan yang diakibatkan oleh banjir, simak beberapa tips memilih dan menjaga furnitur dari bencana banjir.

Liputan6.com, Jakarta Siapapun tentu ingin memiliki perabot rumahtangga, katakan saja seperti furnitur yang tahan lama dan awet hingga puluhan tahun. Meski demikian, ada banyak kondisi tak terduga yang nyatanya bisa merusak furnitur kesayangan Anda. Salah satunya akibat bencana banjir.

Bagi mereka yang tinggal di kawasan ‘langganan’ banjir, musibah ini mungkin dianggapnya sebagai hal yang ‘biasa’. Bahkan saking seringnya dilanda banjir, mereka hanya bisa pasrah manakala isi rumahnya terendam air.

(Baca juga: Langkah Mudah Deteksi Rumah Bebas Banjir)

Padahal banjir tidak hanya berpotensi merusak struktur bangunan, tapi juga furnitur dan perabot rumahtangga. Dan untuk meminimalisir kerusakan tersebut, simak beberapa tips yang dirangkum dari Rumah.com untuk memilih dan menjaga furnitur dari bencana banjir.

Material Kayu Jati dan Plywood

Material kayu memang rentan mengalami kerusakan jika terendam air terus menerus. Namun jika tetap ingin memilih perabot kayu, maka pilihlah jenis kayu yang tepat. Untuk furnitur lemari, meja, kursi dan ranjang tidur pilihlah furnitur berbahan kayu solid seperti kayu jati.

Kayu jati memiliki daya tahan yang kuat terhadap air, terlebih jika permukaannya dilapisi oleh cat kedap air. Selain Jati, kayu plywood juga bisa menjadi pilihan. Tekstur permukaan plywood halus dan memiliki kerapatan yang kuat sehingga kedap air.

Plywood umumnya dilapisi kulit kayu jati, kayu sungkai, dan kulit nyatoh. Lapisan pelindung seperti cat duco atau lapisan tahan air juga penting diberikan pada permukaan kayu plywood.

Material Plastik dan Alumunium

Furnitur berbahan dasar plastik dan alumunium merupakan pilihan tahan banjir yang tepat untuk rumah Anda. Jika Anda ragu dengan performa bahan kayu yang mudah mengembang jika terendam air, maka Anda bisa mengganti pintu kusen dengan bahan alumunium atau plastik.

Dengan harga yang relatif murah, ada banyak jenis furnitur plastik yang bisa mempermanis rumah Anda.

Bahan Besi Stainless Steel

Furnitur berbahan besi stainless steel juga tahan akan gempuran air hujan. Anda bisa menggunakannya pada meja makan atau tempat tidur. Untuk menjaga permukaan furnitur tahan lama dan tidak mudah rusak, beri lapisan pelindung seperti waterproofing khusus.

Memasang Roda atau Kaki-kaki.

Untuk perabot yang berukuran besar seperti lemari, rak, dan sofa, tambahkan roda atau kaki-kaki pada bagian bawahnya. Tujuannya agar Anda lebih mudah memindahkan dan mengamankan furnitur tersebut ketika banjir datang sehingga perabot Anda terselamatkan dari genangan banjir.

Hindari Material Spons

Material spons biasanya digunakan untuk mengisi sofa atau kasur. Sifatnya yang mudah menyerap air dan lumpur membuat kondisinya sulit dibersihkan jika terlanjur terendam genangan banjir. Untuk itu hindari memilih material ini atau berikan pelindung di bagian bawah dengan penopang yang tinggi dan aman.

Tak ingin kebanjiran? Tinggal di apartemen mungkin bisa jadi pilihan. Simak aneka pilihannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.