Sukses

Seberapa Bergunanya Kamera CCTV Bagi Keamanan Rumah Anda?

Liputan6.com, Jakarta Kasus kriminalitas yang terjadi di wilayah pemukiman sudah berulang kali terjadi. Yang terakhir ialah kasus penyekapan yang berujung maut di kawasan perumahan mewah di bilangan Jakarta Timur.

Dengan tingkat kriminalitas yang tinggi di pusat ibukota, keberadaan perangkat keamanan seolah hal yang tidak bisa ditawar lagi. Selain mempercayakan keamanan hunian kepada sekuriti dan satpam di lingkungan perumahan, pemasangan kamera CCTV sepertinya juga patut diperhitungkan.

(Baca juga: 6 Selebriti dengan Sistem Keamanan Rumah yang Super Ketat)

Namun, apakah kehadiran CCTV cukup efektif mengantisipasi kriminalitas yang mungkin terjadi di wilayah pemukiman?

Dilansir dari Rumah.com, pemasangan kamera pemantau di area privat cukup efektif mencegah kasus kriminalitas pada tahap perencanaan. Jadi dengan memasang CCTV, kemungkinan rumah Anda menjadi target operasi penjahat menjadi lebih kecil.

Sejumlah penelitian juga membuktikan bahwa rekaman kamera pemantau sangat membantu pekerjaan polisi dalam mengidentifikasi dan menangkap tersangka kriminal. Dengan demikian, kamera CCTV Anda tidak hanya bermanfaat untuk diri dan keluarga sendiri, namun juga tetangga di lingkungan hunian Anda.

Meski demikian kamera CCTV bukanlah satu-satunya perangkat utama yang bisa dimanfaatkan untuk mencegah tindak kriminalitas. Menurut polisi, pencahayaan yang terang, pemasangan kunci atau sistem alarm di depan rumah, menjadi hal yang lebih penting dari sistem kamera pemantau.

Atau mungkin Anda juga pernah terpikir untuk memasang CCTV palsu? Perampok berpengalaman tentunya bisa membedakan mana kamera yang asli dan palsu dengan mudah.

Analisis Biaya dan Keuntungan

Berdasarkan riset Rumah.com, biaya pemasangan kamera pemantau mulai dari Rp2 jutaan. Biaya ini terbilang cukup terjangkau sebagai pelapis pengamanan rumah Anda. Namun Anda juga bisa menghabiskan biaya hingga puluhan juta rupiah untuk kamera CCTV berkualitas tinggi.

Tetapi sebenarnya biaya yang Anda keluarkan akan sepadan dengan kualitas gambar video yang dihasilkan. Sehingga akan lebih mudah mengidentifikasi pelaku atau tersangka kejahatan. Anda bisa berkonsultasi dengan jasa pemasang CCTV profesional untuk memilih lokasi yang pas untuk menggantung kamera pemantau.

Kamera CCTV juga tersedia dalam dua jenis, yang memiliki kabel dan yang tidak. Tentu kamera yang disambung dengan kabel memiliki harga yang lebih murah, namun model wireless dirasa lebih nyaman dan tersembunyi.

Kembali lagi, penting atau tidaknya memasang kamera pemantau didasarkan pada kebutuhan Anda. Jika tinggal di lingkungan yang rawan kriminalitas atau ada pertimbangan keamanan untuk anak-anak yang tinggal di rumah, maka tidak ada salahnya memilih memasang kamera pemantau.

Dengan biaya yang relatif terjangkau, langkah pencegahan tentu lebih baik daripada menyesal di kemudian hari.

Ingin punya hunian dengan tingkat keamanan yang cukup baik? Simak aneka pilihannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Simak, Tips Mengecat Perabot Ala Profesional!
Artikel Selanjutnya
Jelang Lebaran, Begini Cara Mengelola Pengeluarannya