Sukses

Jendela Makin Segar dengan Tanaman Gantung Sederhana

Liputan6.com, Jakarta Akibat keterbatasan lahan, kadang Anda harus merelakan halaman rumah untuk dijadikan ruangan atau garasi.

Akibatnya keinginan memiliki taman mungil yang hijau harus disingkirkan sementara. Memindahkan tanaman di dalam pot lalu diletakkan di dalam rumah jelas tak mungkin karena ruangan menjadi sempit.

Namun, bukan berarti Anda jadi tak bisa memiliki taman supermungil di rumah. Area jendela bisa menjadi salah satu sasaran Anda untuk membuat taman kecil.

Hasilnya, jendela pun menjadi lebih cantik dan indah dilihat, dan bonusnya tanaman akan tetap subur karena mendapatkan sinar matahari. Simak saja jendela berikut, yang dirangkum dari Rumah.com.

Gantungkan saja

Alas bangku yang sudah tidak terpakai atau bidang kayu lain dan tali bisa menjadi media gantung.

Cara pertama bisa dengan menggunakan tali yang disematkan pada alas kayu. Agar bebannya tak terlalu berat, pilihlah tanaman dalam pot kecil, misalnya lidah buaya mini, kaktus mini, serta tanaman mungil lainnya.

Sebagai pot, Anda bisa menggunakan gelas atau mug yang tak lagi dipakai dan tambahkan lubang pada bagian bawahnya.

Gunakan gantungan baju

Gantungan baju adalah solusi instan. Tinggal mencari ukuran dan desain yang sesuai.

Jangan sia-siakan teralis yang ada di jendela Anda. Jendela berteralis memang menampilkan kesan kaku, tapi jika teralisnya ditambahkan gantungan—seperti gantungan baju—tampilannya pun akan unik dan menjadi lebih berguna. Gunakan tangkai untuk menggantungkan tanaman favorit Anda.

Hias kusen

Tambahkan papan sebagai tatakan di kusen yang dalam untuk meletakkan tanaman.

Cara lainnya dengan menempatkan tanaman di dalam pot lalu letakkan pada setiap kusen. Bila kusennya hanya di bagian bawah, tambahkan tatakan dari kayu yang berwarna sama dengan kusen lainnya dan gantungkan pada jendela Anda.

Tanaman dalam pot yang besar bisa ditempatkan pada kusen paling bawah, sementara kusen atas digunakan untuk menempatkan tanaman yang potnya lebih kecil.

Tempel

Sekilas tampak menempel, tetapi sebenarnya menggunakan alas transparan yang bisa Anda dapatkan di toko furnitur. Teknik ini mengurangi halangan ke luar jendela.

Mau yang lebih unik? Tempelkan tanaman pada jendela. Caranya gunakan alas bening yang terbuat dari akrilik lalu tempelkan dengan perekat pada jendela.

Sebaiknya pastikan perekatnya sangat lengket sehingga tidak akan menjatuhkan tanaman Anda. Pilih tanaman yang bebannya tidak terlalu berat.

(Simak juga: Gaya Baru Menempatkan Kaktus di Dalam Rumah)

Nuansa putih dan hijau

Putih mencerminkan higienitas, sementara hijau diasosiasikan dengan alam.

Warna putih memang tengah digandrungi untuk berbagai furnitur, termasuk kusen jendela. Buatlah dekorasi jendela dengan tema hijau dan putih.

Pilih pot atau vas yang berwarna putih, soft green, atau perpaduan keduanya, lalu letakkan di kusen jendela Anda.

Tanaman-tanaman gantung atas cocok untuk diletakkan di dalam rumah, sebagai solusi minimnya ruang terbuka untuk hunian minimalis atau apartemen. Sedang mencari hunian? Lihat ragam pilihan hunian di seluruh Indonesia dengan harga di bawah Rp500 Juta di sini.

Foto: Pinterest

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasia Anak Rajin Belajar di Rumah
Artikel Selanjutnya
Tips Nyaman Belajar di Rumah Bagi Mahasiswa S2