Sukses

Simak Panduan Menggunakan Warna Ungu di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Salah satu hal yang biasanya dilakukan saat kita hendak menempati rumah baru adalah mengganti warna cat dinding. Dan sesekali cobalah berani dalam memilih warna, dengan warna ungu misalnya. Warna yang merupakan perpaduan antara warna biru dan merah ini dianggap memiliki emosi yang mendalam sekaligus melambangkan kreativitas, kemakmuran, dan kedamaian.

(Baca juga: Warna Cat Rumah yang Cocok Menurut Zodiak)

Selain melambangkan kreativitas, warna ungu juga memberikan mood positif dan membuat rumah jadi terlihat unik. Namun sebelum yakin untuk mengaplikasikan warna ini pastikan bahwa seluruh anggota keluarga yang tinggal di rumah juga menyenangi dan tidak keberatan dengan warna ini.

Siap mencoba? Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak bagaimana warna ini diaplikasikan pada setiap ruangan di dalam rumah.

Ruang Keluarga

Mengaplikasikan warna ungu di ruang keluarga dapat memberikan kesan yang trendi dan nyaman, sangat cocok sebagai tempat untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Aplikasikan warna ungu juga di tirai, sofa, taplak, dan karpet di ruang keluarga.

Kamar Tidur

Kamar yang menggunakan warna ungu akan memiliki impresi yang sangat kuat, dan menurut feng shui warna ini sebenarnya kurang cocok untuk digunakan di dalam kamar tidur. Jika Anda tetap ingin menggunakan warna ini di dalam kamar jangan mengecat seluruh dindingnya.

Gunakan perlengkapan tempat tidur seperti seprai dan sarung bantal dengan warna ini. Warna dinding yang netral juga bisa menonjolkan warna ungu yang digunakan pada aksesoris tersebut.

Dapur

Mengaplikasikan warna ungu di dapur dapat membuat ruangan ini jadi terasa lebih nyaman untuk digunakan. Anda bisa mengaplikasikannya pada lemari dapur, kombinasikan dengan warna putih yang mengkilap serta dekorasi dengan warna perak.

Atau jika ingin tetap menggunakan warna netral, warna ungu bisa digunakan untuk lantai keramik di dapur.

Kamar Mandi

Salah satu keuntungan mengaplikasikan warna ini di kamar mandi adalah Anda bisa lebih leluasa mengkombinasikan warnanya. Tidak masalah jika ingin menggabungkannya dengan warna yang kuat seperti hijau dan biru karena ini bukan tempat dimana seseorang akan menggunakannya dalam waktu lama.

Kamar Bayi

Warna putih seringkali menjadi warna favorit ketika membuat sebuah kamar bayi karena bersifat netral dan lembut. Namun tidak ada salahnya jika Anda mengecat kamar bayi dengan warna ungu. Kuatkan karakter warna ungu dengan menambahkan ornamen detil seperti pada mainan, kursi, bingkai jendela, dengan warna yang senada.

Cat Dinding Luar Rumah

Mengecat bagian luar rumah juga dapat membuat tampilan rumah tampak unik. Kombinasikan dengan warna hitam atau putih di bagian bingkai jendela dan pintu untuk menonjolkan warna ungu. Pilih rona warna ungu yang lebih mudah karena penggunaan warna gelap akan lebih menyerap sinar matahari sehingga cat tembok akan lebih cepat mengelupas.

Mau coba mengaplikasikan warna ungu pada rumah baru? Simak dulu aneka pilihan rumahnya di sini.

Foto: Pexels

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasianya Mengecat dengan Sempurna
Artikel Selanjutnya
Simak, Tips Mengecat Perabot Ala Profesional!