Sukses

Tips Feng Shui untuk Buat Kamar Romantis

Liputan6.com, Jakarta Penataan kamar tidur menurut feng shui terkait dengan fungsinya yang sangat penting bagi aktivitas sehari-hari. Beragam aktivitas yang dilakukan seperti tidur, bersantai, hingga melakukan hubungan seks tentunya memang dilakukan di kamar tidur.

(Baca juga: Arti Arah Tempat Tidur Menurut Feng Shui)

Karenanya, Anda tidak bisa begitu saja meletakkan furnitur dan beragam elemen di dalam kamar tidur. Nah, jika Anda ingin menciptakan kamar romantis berdasarkan aturan feng shui, simak penataan kamar tidur yang bisa menyeimbangkan energi yin (perempuan) dan yang (laki-laki) dari Rumah.com berikut ini.

Kerapihan

Untuk menciptakan keseimbangan energi chi, pertama-tama Anda harus menjaga kamar tidur agar tetap rapi dan bebas dari peralatan kerja. Debu dan kotoran juga membuat energi chi terjebak di dalam ruangan sehingga bisa menimbulkan penyakit, ketidak harmonisan dalam rumahtangga, hingga kehilangan kekayaan.

Peletakan Ranjang

Feng shui mengatur secara spesifik mengenai peletakan furnitur yang tepat di kamar tidur. Salah satunya ialah peletakan ranjang kasur. Sebagai furnitur paling besar yang mengisi ruangan dan menjadi tempat beristirahat, peletakan yang salah bisa membahayakan kesehatan Anda.

  • Peletakan yang ideal untuk ranjang Anda adalah mengarah secara diagonal di seberang pintu masuk. Peletakan ini bisa memberi Anda privasi dan membuat Anda bisa melihat siappaun yang masuk ke dalam kamar.
  • Jangan pernah meletakkan ranjang berlawanan dengan pintu masuk. Posisi ini membuat posisi tidur dimana kaki Anda mengarah ke pintu. Ini dikenal sebagai posisi coffin dan merupakan posisi terburuk yang identik dengan posisi kematian.
  • Hindari meletakkan ranjang di depan atau di bawah jendela karena jendela merupakan tempat dimana energi chi keluar masuk ruangan. Jika ranjang Anda menjadi tempat energi chi mengalir maka dikhawatirkan istirahat Anda bisa terganggu.
  • Jangan meletakkan kasur langsung di bawah lantai. Sebabnya, lantai merupakan jalan mengalirnya energi chi.
  • Jangan pernah meletakkan ranjang Anda pada dinding (atau ruangan) yang bersamaan dengan kamar mandi.

Cermin

Cermin bisa digunakan di kamar tidur namun dengan peletakan yang tepat. Ada beberapa posisi yang harus dihindari ketika meletakkan cermin. Misalnya cermin yang digantung persis di atas kepala ranjang. Hal ini dipercaya bisa mengundang orang ketiga yang mengganggu hubungan atau pernikahan Anda.

Beberapa praktisi feng shui bahkan percaya bahwa cermin juga bisa menjadi medium jiwa yang berjalan-jalan di malam hari ketika manusia tertidur lelap. Pastikan cermin berada di posisi yang tidak langsung mengarah ke ranjang.

Meja dan Alat Elektronik

Tidur dan bekerja bukanlah aktivitas yang bisa dilakukan secara bersamaan, untuk itu hindari meletakkan meja kerja di kamar tidur. Untuk kesehatan dan istirahat yang berkualitas, pisahkan kegiatan bekerja Anda dari tempat tidur. Begitu pula dengan alat elektronik. Mereka bisa mengganggu tidur Anda yang nyenyak.

Dinding

Anda bisa mendekorasi dinding kamar tidur dengan warna-warni, tekstur, motif, dan pajangan seni. Anda juga bisa memanfaatkan kompas feng shui untuk membantu memilih warna yang tepat. Pilih warna seperti krem, peach, dan merah muda pucat. Warna kuning lembut dan biru juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Warna dipercaya bisa meningkatkan energi atau keseimbangan antara hubungan yin dan yang. Sementara jika ingin memasang pajangan dinding, pilihlah subyek yang membuat tenang dan bahagia. Sebagai contoh gambar alam, bunga merekah, angsa, dan gambar lain yang menghadirkan nuansa romantis di dalam ruangan.

Tertarik punya rumah dengan harga di bawah Rp200 jutaan? Simak puluhan pilihannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Langkah Jitu Jadikan Morning Sex Makin Panas dan Praktis
Artikel Selanjutnya
Aneka Pilihan Dekorasi Sesuai Zodiak (Bagian 2)