Sukses

Bikin Harum Rumah dengan Pewangi Racikan Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Adakalanya pada beberapa ruangan di rumah tercium aroma yang tidak sedap, seperti di kamar mandi dan dapur. Padahal sebuah rumah semestinya merupakan tempat yang nyaman sehingga penghuninya bisa melepas rasa penat dari seluruh aktivitas yang dijalani seharian.

(Baca juga: Cara Tepat Membuat Pakaian Tetap Wangi Setelah Dicuci)

Agar rumah jadi nyaman, hilangkan bau yang mengganggu. Namun Anda tidak perlu membeli pewangi ruangan yang mengandung bahan kimia untuk mengusir baunya. Simak saja resep dari Rumah.com yang bisa Anda coba berikut ini.

1. Aroma Citrus dan Mint

Siapkan sebuah botol penyemprot kemudian masukkan ½ gelas air. Setelah itu teteskan 10 tetes essential oil aroma jeruk dan 8 tetes aroma peppermint untuk wangi yang segar. Aroma ini cocok digunakan untuk menyegarkan dapur atau kamar mandi.

2. Buah Lemon dan Daun Rosemary

Siapakan sebuah toples kaca atau mason jar kemudian campurkan di dalamnya air setinggi ¾ toples, potongan buah lemon, rosemary, dan ekstrak vanila. Buka toples ketika ingin digunakan, campuran ini akan memberikan aroma yang bersih sekaligus menyegarkan.

3. Aroma Rosemary dan Lavender

Segarkan karpet dengan cara alami, yaitu dengan membuat bubuk beraroma rosemary dan lavender. Caranya campurkan baking soda, daun rosemary kering, serta essential oil aroma lavender.

Sebarkan di karpet rumah Anda, diamkan selama 15-20 menit kemudian bersihkan dengan menggunakan penghisap debu. Aroma dari campuran bubuk tersebut akan menyebar ke seluruh ruangan.

4. Buat Dengan Panci Memasak

Jika Anda tidak terlalu suka menggunakan lilin sebagai penyegar ruangan, gunakan panci untuk membuat uap dengan wewangian alami. Caranya mudah, siapkan bahan-bahan di dalam panci kemudian tambahkan 2 gelas air. Kemudian, panaskan panci dengan api yang kecil.

Pastikan air di dalam panci tidak habis ketika Anda sedang memanaskannya. Berikut bahan-bahan yang cocok digunakan dengan cara ini:

  • Mint dan kulit jeruk: Kupas kulit jeruk serta campurkan dengan daun mint. Lalu tambahkan sepotong jahe kupas serta daun rosemary agar aroma menjadi lebih kuat.
  • Daun rosemary dan lemon: Potong beberapa buah lemon serta kombinasikan dengan daun rosemary untuk membuat aroma segar
  • Jeruk Nipis, daun mint, dan jahe: Seperti minuman mojito, kombinasi bahan-bahan ini akan memberikan aroma yang menyegarkan. Tambahkan jahe kupas untuk menguatkan aromanya.

Apabila proses pemanasan di panci sudah selesai, Anda bisa menyimpannya di dalam toples kaca atau mason jar. Proses penyimpanan ini tahan hingga 2-3 minggu.

5. Baking Soda dan Essential Oil

Baking soda akan menyerap bau tidak sedap dan essential oil akan memberikan aroma yang segar di dalam ruangan. Cara membuatnya; siapkan sebuah wadah dan tuang ¼ cangkir baking soda kemudian campurkan dengan 10-15 essential oil aroma lavender, jeruk atau bunga mawar.

Tutup wadah dengan aluminium foil, kemudian buat beberapa lubang di bagian atasnya. Tempatkan di ruangan yang berbau.

Lagi cari di bawah Rp300 jutaan? Simak puluhan pilihannya di sini.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Resep Praktis Saus Keju ala Restoran Siap Saji
Artikel Selanjutnya
Resep Martabak Tahu, Camilan Nikmat di Akhir Pekan