Sukses

Panduan Buat Hiasan Valentine Bersama Anak

Liputan6.com, Jakarta Hari Valentine, tidak melulu identik untuk dirayakan bersama pasangan saja. Bila sudah berkeluarga, momen ini bisa menjadi saat yang tepat untuk mengajarkan anak tentang makna kasih sayang.

(Baca juga: Inspirasi Valentine ala Selebritis Mancanegara)

Selain itu Anda juga bisa mengajaknya untuk belajar membuat dekorasi, dengan tema Valentine misalnya. Momen ini tentunya juga akan menjadi memori yang tidak terlupakan bagi anak sekaligus mengasah kreativitasnya.

Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, simak benda apa saja yang bisa dikreasikan bersama anak berikut ini.

1. Hiasan Pintu

Tuliskan kata-kata bertemakan kasih sayang di bagian atas kayu. Gantungkan hiasan ini di depan pintu rumah Anda.

Ambil sebidang kayu yang cukup panjang, kemudian dengan menggunakan cat air ajak anak untuk menyelupkan tangannya di mangkuk cat air untuk kemudian ditempelkan di atas kayu. Dan bentuk pola tangan menyerupai bentuk hati.

Pastikan cat yang digunakan tidak terlalu banyak sehingga tidak membuat kayu berantakan dengan tetesan cat. Jika sudah, tunggu hingga kering kemudian tuliskan kata-kata bertemakan kasih sayang di bagian atas kayu. Gantungkan hiasan ini di depan pintu rumah Anda.

2. Membuat Centerpiece

Minta bantuan anak untuk menuangkan permen atau coklat di lapisan kedua kemudian masukkan bunga dan air di bagian tengah vas.

Proyek ini terbilang mudah, Anda hanya membutuhkan sebuah vas bunga yang bening, sebungkus permen atau coklat berwarna merah muda, serta bunga segar. Anda bisa membeli vas bunga yang memiliki dua lapis, atau menggunakan dua vas dengan ukuran berbeda.

Minta bantuan anak untuk menuangkan permen atau coklat di lapisan kedua kemudian masukkan bunga dan air di bagian tengah vas.  Hiasan ini bisa Anda letakkan di meja tamu atau meja makan di rumah.

3. Suvenir Ucapan dari Krayon

Jika krayon sudah padat dan dingin, tambahkan kartu ucapan untuk mempercantik.

Punya banyak potongan krayon di rumah? Kumpulkan potongan-potongan tersebut bersama anak, kemudian potong secara acak menggunakan pisau. Jika sudah, tempatkan di dalam sebuah mangkuk dan ajak anak untuk mengaduk potongan tersebut.

Siapkan sebuah cetakan kue berbentuk hati, masukkan krayon tersebut ke dalam cetakan dan panggang selama 15 menit. Jika sudah padat dan dingin, tambahkan kartu ucapan untuk mempercantik.

4. Bingkai Foto

Jika ingin membuat bingkai menjadi lebih awet lapisi dengan cat pelindung. Letakkan bingkai bersama hiasan bunga di atas meja agar semua orang bisa melihatnya.

Siapkan sebuah bingkai foto dari kayu tanpa motif, serta siapkan cat akrilik dengan warna merah, merah muda, dan putih. Ajak anak untuk menyelupkan jarinya ke dalam cat kemudian tekan-tekan di bagian pinggir bingkai. Ulangi hingga bingkai terlihat penuh oleh sidik jari anak.

Tunggu hingga kering, jika ingin membuat bingkai menjadi lebih awet lapisi dengan cat pelindung. Letakkan bingkai bersama hiasan bunga di atas meja agar semua orang bisa melihatnya.

5. Hias Meja Makan

Tambahkan ornamen lain seperti bunga untuk mempercantik meja.

Buat makan malam menjadi lebih spesial di hari Valentine dengan menghias meja makan menjadi berbeda. Gunakan sebuah stiker papan tulis, kemudian bentangkan di tengah meja makan. Cukup di bagian tengah saja, tidak perlu menutupi seluruh meja.

Jika sudah siapkan peralatan makan seperti gelas, piring, dan juga lilin sebagai hiasan. Ajak anak untuk menulis pesan cinta di atas stiker papan tulis tersebut. Tambahkan ornamen lain seperti bunga untuk mempercantik meja.

Sedang mencari rumah berdesain cantik? Simak aneka pilihannya di sini.

Foto: Pixabay

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua