Sukses

Tahap Demi Tahap Bersihkan Krei Kayu di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Window covering atau penutup jendela jenis kerai kayu saat ini banyak diaplikasikan pada rumah-rumah modern dibanding tirai gorden.

Selain terlihat lebih praktis dan minimalis, penggunaan krey kayu menambah kesan modern pada ruang. Hanya saja jika Anda menggunakan krey kayu, dibutuhkan perhatian khusus dalam perawatannya, berbeda dengan jenis tirai gorden yang bisa langsung dicuci untuk membersihkan.

Apalagi krey kayu rentan dengan debu dari luar. Dikutip dari Rumah.com, berikut 6 tips untuk membersihkan krey kayu yang bisa Anda ikuti di rumah.

Gunakan kain lap halus

Bersihkan krey kayu setidaknya seminggu sekali dengan menggunakan lap kain halus/spon yang halus. Basahi dengan air terlebih dulu lap/spon, lalu peras hingga air tidak menetes. Krey kayu mudah rusak jika sering terkena air. Jika ada, gunakan pembersih khusus kayu yang mengandung minyak.

Bersihkan kedua sisi

Bersihkan krey dengan kondisi tertutup secara menyeluruh, dengan posisi setiap slat vertikal (tidak berbaring).

Jika Anda membersihkan slat krey dalam keadaan terbuka, maka saat mengelap Anda akan menekan kerai dan membuatnya mudah rusak.

Setelah satu sisi selesai dibersihkan, putar sampai slat berbalik 180 derajat. Bersihkan sisi belakang dengan cara dilap secara perlahan, jangan ditekan, sampai ke sela-sela slat.

(Simak juga: Tips Gunakan Penghisap Debu di Rumah)

Bersihkan setiap hari

Krey kayu banyak digunakan untuk area luar ruang sehingga rentan debu. Karena itu, Anda wajib membersihkannya setiap hari. Untuk pembersihan harian Anda bisa mengelapnya dengan kemoceng.

Cukup dengan air

Jangan mencampur air dengan pembersih atau sabun lain untuk membersihkan kerai. Ini untuk menghindari berkurangnya/memudarnya warna dan kilap kayu.

Minyak zaitun

Untuk menjaga kilap krey kayu, campurkan seperempat cangkir (50 ml) minyak zaitun dengan semangkuk kecil air hangat (300 ml).

Campurkan ke dalam botol spray, lalu semprotkan ke kerai kayu sedikit demi sedikit (jangan sampai terlalu basah). Segera lap dengan lap kering sampai merata.

Jika tidak memiliki minyak zaitun, Anda bisa menggantinya dengan lemon essential oil sebanyak lima tetes. Campurkan dengan setengah cangkir (100 ml) air hangat.

Tip tambahan:

– Jika kerai cukup tinggi, gunakan tangga A atau kursi/meja agar bisa membersihkan dengan nyaman.

– Jika tidak ada alat bantu ketinggian, turunkan kerai kayu, lalu pasang lagi jika sudah selesai dibersihkan.

– Jangan menarik kerai karena bisa membuatnya patah atau tali penghubungnya rusak.

– Cara lain agar hasil lebih bersih adalah dengan menggunakan sarung tangan atau kaos kaki bekas. Gunakan sebagai sarung tangan, untuk membersihkan hingga ke ke sela-sela.

Banyak perumahan baru membangun lingkungan yang bersih dan sehat, dengan sistem cluster. Tertarik memiliki rumah baru? Simak pilihan rumah baru di seluruh Indonesia dengan harga di bawah Rp500 Juta di sini.

FOTO: PIXABAY

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ini Rahasianya Mengecat dengan Sempurna
Artikel Selanjutnya
Mudik Tenang karena Rumah Aman