Sukses

Tahap Demi Tahap Kupas Wallpaper Usang di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Anda mungkin sering kali mengganti suasana ruang dengan bongkar-pasang wallpaper. Atau, mengganti wallpaper atau kertas dinding yang sudah usang dan mengelupas dengan yang baru.

Sebenarnya, penggantian kertas dinding memerlukan perhatian khusus. Terlihat mudah, tapi jika tidak tepat dapat menyisakan lem dan bekas kertas pada dinding.

Hal ini tentu membuat dinding terlihat kotor dan kusam. Dinukil dari Rumah.com, berikut ini beberapa tips melepas kertas dinding yang bisa Anda ikuti.

Metode Pemanasan

Mengelupas kertas dinding harus dilakukan dari bagian ujung kertas. Panaskan bagian ujung kertas dinding menggunakan hairdryer selama kurang lebih 30 detik. Panas dari hairdryer akan membuat perekat melonggar sehingga kertas dekoratif akan lebih mudah dikelupas.

Gunakan kuku atau ujung pisau untuk mengangkat bagian ujung kertas dinding. Kupas dan tarik secara perlahan.

Sambil menarik kertas dinding Anda harus tetap mengarahkan hairdryer pada permukaan yang belum terkupas. Lakukan pengupasan secara perlahan hingga seluruh bagiannya terlepas dari dinding.

Jangan mengupas kertas dinding dalam potongan-potongan kecil. Hal ini justru akan mempersulit pengelupasan, karena dapat meninggalkan sisa-sisa tipis kertas dinding pada dinding

Metode Penyemprotan

Jika kertas dinding Anda menggunakan perekat yang lebih solid, Anda bisa mencoba metode penyemprotan dan pengerikan. Caranya, dengan menggunakan cairan penyemprot untuk melonggarkan perekat.

Pilih cairan penyemprot yang digunakan. Anda bisa menggunakan larutan alami seperti campuran cuka apel dan air. Gunakan larutan ini jika kertas dinding Anda melapisi dinding bercat, bukan sebagai lapisan dasar. Anda juga bisa menggunakan campuran cairan pelembut pakaian dan air atau air hangat.

Sebelum menyemprot dinding, gunakan perforator knife atau semacam cutter untuk menyayat dinding kertas dinding. Hal ini diperluka agar larutan dapat meresap ke dalam dinding sehingga ampuh untuk melonggarkan perekat. Buat sayatan menyilang di sepanjang kertas dinding yang akan dikupas.

Semprot dinding yang telah disayat dengan larutan yang telah disiapkan. Jangan menyemprot terlalu sedikit pada satu bagian, semprotkan larutan yang banyak lalu diamkan selama 15 menit.

Kerik kertas dinding menggunakan alat pengerik. Sambil mengerik, gunakan tangan Anda yang ain untuk menarik bekas kerikan.

(Simak juga: Perhatikan Ini Sebelum Pasang Wallpaper)

Metode Penguapan

Metode ini menggunakan alat khusus penguap kertas dinding. Anda bisa membelinya di toko-toko peralatan bangunan. Jika kertas dinding yang ingin Anda lepas dalam jumlah banyak alat ini akan sangat membantu.

Lakukan penguapan dari bawah ke atas. Tempelkan alat penguap ke dinding lalu usapkan secara merata.

Sambil menguapkan permukaan, Anda bisa gunakan tangan lain untuk mengupas/menarik kertas dinding. Bisa juga gunaka pengerik untuk mengupasnya.

Setelah kertas dinding terkupas seluruhnya, lakukan pembersihan menyeluruh untuk membersihkan dinding dari sisa-sisa kotoran. Pembersihan ini bisa dilakukan dengan menyemprotkan larutan sabun ke dinding (Anda bisa gunakan larutan sabun cuci piring). Semprotkan sabun pada dinding lalu lap dinding menggunakan lap kain agar bersih.

Catatan: Mulailah melepas kertas dinding dari bagian bawah/paling dasar. Kupas kertas dinding perlahan dengan menarik ke atas secara miring (diagonal).

Setelah terkelupas 1/3 bagian, lakukan hal yang sama dari sisi berlawanan. Lalu, tarik bersama-sama dari kedua ujung tersebut ke arah atas. Jika terdapat bagian yang berbelok, lakukan dengan hati-hati agar hasilnya rapi.

Dekorasi tanpa banyak biaya ini tepat untuk diaplikasikan pada rumah minimalis. Tertarik memiliki rumah di bawah Rp300 Jutaan? Lihat puluhan pilihannya di sini.

Foto: sheknows.com, homeright.com

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
6 Teknik Mewarnai Dinding Rumah Agar Terlihat Cantik
Artikel Selanjutnya
Cukup 3 Langkah untuk Bikin Lantai Bebas Kuman