Sukses

Tips: Pilih dan Rawat Lampu Emergency LED

Liputan6.com, Jakarta Saat ini lampu darurat LED lebih banyak digunakan masyarakat sebagai pengganti lampu listrik saat mati lampu.

Selain praktis, lampu darurat LED juga memiliki kelebihan lain, seperti hemat daya listrik, dan cahayanya lebih terang. Sayangnya, sulit sekali untuk memilih lampu darurat LED yang dapat tahan lama.

Kebanyakan yang dijual di toko memiliki kualitas rendah, mulai dari baterai cepat soak, lampu LED gosong atau mati, hingga charger terbakar. Dikutip dari Rumah.com, ada beberapa tips memilih dan merawat lampu darurat agar tahan lama.

Tips Memilih Lampu Darurat

Sesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika Anda ingin lampu yang mudah dibawa kemana-mana maka Anda dapat memilih lampu darurat jenis portable.

Lampu ini memiliki banyak ragam. Jika Anda sering berkemah atau beraktivitas outdoor, pilihlah lampu yang memiliki fungsi ganda: lampu sorot dan lampu penerangan.

Pilih yang memiliki ketahanan baterai mencukupi.

Belilah lampu darurat yang memiliki tombol pengaturan cahaya.

Perhatikan bobot lampu, jika ingin yang ringan pilih lampu darurat LED yang menggunakan baterei lithium.

Kebanyakan pengguna cenderung memilih lampu darurat dengan bobot yang berat dengan asumsi akan lebih kokoh. Bobot barang tidak mempengaruhi seberapa kuat kemampuan lampu tersebut.

Perhatikan desain, terutama untuk lampu darurat yang tergantung di dinding.

(Simak juga: Peralatan Wajib untuk Hadapi Mati Listrik)

Cara Merawat Lampu Darurat LED

Setelah membeli lampu, jangan langsung digunakan. Lakukan pengisian baterai/cas hingga baterai terisi penuh. Kisaran waktu pengisian kurang lebih 6-8 jam.

Jangan mengecas lebih dari 12 jam karena biasanya tidak dilengkapi dengan otomatis pemutus tegangan saat baterai penuh. hal ini akan mengakibatkan baterai leak/bocor.

Jika dalam kurun waktu kurang lebih dua bulan lampu darurat LED ini tak digunakan Anda tetap harus melakukan pengisian ulang seperti poin pertama sekurang-kurangnya tiga bulan sekali.

Jangan mengisi daya baterai ketika arus listrik di dalam baterai masih banyak. Lakukan pengisian daya ketika arus listrik benar-benar mau habis, tandanya nyala rampu mulai meredup dan berkedip.

Ganti lampu apabila di ujung-ujungnya sudah nampak noda hitam, karena dapat menghambat kinerja rangkaian eletronik di dalam lampu darurat yang mungkin berdampak buruk pada baterai atau aki kering didalamnya.

Simpan lampu darurat LED pada tempat yang bersuhu stabil agar komponen baterai di dalamnya tidak rusak.

Saat mengisi daya baterai sebaiknya tidak digabung dengan steker lain, seperti TV, kulkas dan sebagainya.

Rumah.com menyediakan ragam pilihan hunian baru dengan beragam kisaran harga, mulai dari Rp120Jutaan hingga di atas Rp2 Miliar. Tertarik mencari hunian baru? Lihat ratusan pilihannya di sini.

FOTO: Rumah.com/Getty Images

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Ingin Tetap Tampil Cantik Saat Naik Kendaraan Umum? Ini Triknya!
Artikel Selanjutnya
Mau Bayar Tagihan Listrik Lebih Murah? Ini Rahasianya!