Sukses


Kiat Hidup Lebih Sehat Berdasarkan Feng Shui

Ingin hidup lebih sehat? Simak beberapa poin penataan kamar tidur berdasarkan feng shui berikut ini.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai tempat beristirahat setelah seharian beraktivitas, kamar tidur haruslah didesain senyaman mungkin. Pasalnya jika kurang nyaman maka dapat dipastikan istirahat Anda jadi kurang berkualitas. Dan hal ini tentu saja akan memengaruhi pola hidup Anda, jadi tidak sehat.

(Simak juga: Arti Arah Tempat Tidur Menurut Feng Shui)

Untuk itulah penataan kamar tidur memiliki aturan tersendiri dalam feng shui. Dengan mematuhi penataan ruang ala feng shui, kamar tidur Anda diharapkan bisa menjadi area yang memancarkan energi positif sehingga dapat membuat hidup Anda jadi lebih sehat.

Ingin hidup lebih sehat? Simak beberapa poin penataan kamar tidur dari Rumah.com yang berdasarkan feng shui.

  • Jika di kamar tidur terdapat area atau meja kerja, maka pilihlah furnitur bergaya cubicle atau kabinet yang bisa difungsikan juga sebagai meja. Tujuannya agar ketika Anda berhenti bekerja dan ingin beristirahat total, meja kerja bisa ditutup dan tidak nampak dari pandangan mata.
  • Jika meja rias Anda dilengkapi dengan cermin dan terpaksa harus diletakkan persis di depan ranjang, maka tutuplah cermin dengan kain ketika hendak tidur. Anda bisa menggunakan kain atau krei untuk menutup cermin ini.
  • Pilihlah ranjang yang memiliki kepala ranjang (headboard) yang kokoh. Tujuannya untuk memastikan istirahat Anda lebih nyaman.
  • Anda bisa mengaktifkan ragam area di dalam hidup Anda dengan meletakkan beberapa elemen dan objek feng shui di kamar tidur. Misalnya, jika Anda hendak meningkatkan area kesejahteraan maka tenggara menjadi area mata angin yang tepat untuk meletakkan tiga koin Cina bermaterial besi yang diikat dengan tali berwarna merah.
  • Hindari meletakkan banyak benda di kamar tidur yang tidak seharusnya berada di sana
  • Tata pakaian Anda tetap rapi di dalam lemari atau laci
  • Secara rutin bersihkan bagian bawah lemari dan ranjang
  • Jangan letakkan benda apapun di bawah lemari atau ranjang
  • Hindari menjadikan kamar tidur sebagai tempat penyimpanan layaknya gudang
  • Sebaiknya tidak meletakkan lukisan atau aksesoris lain yang berkaitan dengan elemen air di dalam kamar tidur. Hal ini bisa memicu energi “Yang” masuk berlebihan dan mengganggu tidur Anda.
  • Gunakan pencahayaan tak langsung seperti lampu meja yang cahayanya berpendar. Hindari meletakkan lampu atau pencahayaan yang dipajang di atas kepala.
  • Sebaiknya tidak meletakkan perabot dengan permukaan atau ujung yang lancip dan memiliki dekorasi kristal pada permukaannya.
  • Hindari meletakkan laci buku yang terbuka di kamar tidur. Menurut feng shui, deretan buku bisa menciptakan efek yang meracuni. Minimalisir hal ini dengan menutup laci buku dengan pintu bermaterial kaca atau kayu.

Kesimpulannya, benda apapun yang Anda letakkan di kamar tidur bisa membawa efek terhadap aliran energi chi di dalam ruangan. Tugas Anda hanya memastikan bahwa ada energi mengalir lancar di antara pintu masuk kamar dan jendela.

Dengan menjaga ruangan tetap rapi dan bebas dari perabot berukuran besar, maka Anda mencegah energi chi terjebak dalam ruangan. Namun harus disadari bahwa tidak ada ruangan yang bisa 100 persen mengadopsi aturan feng shui secara sempurna. Anda bebas mendekorasi ruang dengan memahami prinsip-prinsip yang tertera di atas.

Ingin punya rumah dengan cicilan ringan? Simak aneka pilihannya di sini.

Foto: Pexels

Isnaini Khoirunisa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.