Sukses

9 Tahap Simple Cat Rumah Sendiri

Liputan6.com, Jakarta Langkah termudah yang bisa Anda lakukan untuk mengganti suasana rumah atau ruang adalah dengan mengganti warna cat dinding.

Sayangnya, kita sering menyerah lebih dulu karena membayangkan kerepotan dan besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk membayar tukang.

Sebenarnya, kalau sekadar mengecat ruang, sih, Anda mengerjakannya sendiri. Keuntungannya, selain dapat mengecat sesuai selera, tentu saja menghemat biaya tukang. Simak panduan dari Rumah.com sebelum mencoba.

Persiapkan alat

Hal pertama, Anda harus mempersiapkan peralatan untuk mengecat, seperti masking tape, lakban, koran, tangga, amplas, dempul, kuas, kaleng air, bak cat dan roller.

Persiapkan sebelumnya sehingga saat bekerja Anda tak perlu lagi kerepotan mencari dan membuang-buang waktu lebih lama.

Bersihkan dinding

Dinding yang akan dicat harus dibersihkan sebelumnya dari debu. Tujuannya untuk menghasilkan permukaan dinding yang halus dan rata. Anda dapat membersihkan dinding menggunakan vacuum cleaner, sapu, atau kemoceng.

Jika terdapat noda besar pada dinding, bersihkan menggunakan spons dan air campuran deterjen. Lalu, diamkan sejenak hingga dinding mengering.

Tutupi bagian yang tidak dicat

Tutupi bagian ruang yang tidak ingin Anda cat, misalnya bingkai jendela, gagang pintu, tepi plafon, dan sebagainya. Tutup menggunakan lakban atau masking tape.

Sementara barang-barang lain di sekitar area pengecatan bisa Anda tutupi dengan koran, agar tidak terkena cipratan cat. Anda pun sebaiknya menutupi lantai dengan alas koran atau papan agar lantai tetap bersih.

Usai mengecat, segera cabut masking tape atau lakban penutup sebelum cat mengering untuk menghindari cat ikut tercabut.

Tutup Retakan pada Dinding

Jika terdapat retakan/celah pada dinding, Anda harus menutupnya dengan dempul terlebih dulu. Ratakan dempul menggunakan amplas hingga halus. Oleskan juga primer cat sebelum pengecatan agar hasil akhir rata dan mengkilap.

Aduk Cat Terlebih Dahulu Sebelum Digunakan

Cat yang akan digunakan harus diaduk terlebih dahulu agar tidak menggumpal dan menghasilkan warna yang optimal. Aduk selama kurang lebih lima menit.

Campur cat dengan air sebanyak 10 persen dari jumlah cat yang digunakan.

Campur Cat dengan Water Base atau Solvent

Lapisi permukaan tembok yang akan dicat dengan water base atau solvent yang berkualitas. Ini akan membuat cat lebih rata, halus, dan tidak mudah mengelupas.

Anda juga bisa menggunakan wall sealer untuk menyesuaikan ph semen dengan ph cat sehingga warnanya lebih tahan lama.

Beri Warna Dasar

Jika Anda ingin mengubah warna dinding dengan warna selain putih, Anda harus mengamplas dinding terlebih dahulu untuk membuang warna sebelumnya.

Namun jika terlalu repot, Anda bisa menggantinya dengan memberikan warna dasar putih terlebih dahulu. Warna dasar putih akan membuat warna cat lebih terang.

Agar kualitas warna dinding sama, sebaiknya Anda mengerjakan satu bidang permukaan dalam satu waktu. Jarak waktu antara lapisan satu dengan kedua sekitar 1-2 jam.

(Simak juga: Ide Kreatif Cat Dinding Rumah)

Gunakan Kuas Kecil

Roller cat akan membantu untuk mengecat pada permukaan dinding yang besar. Namun untuk menjangkau area yang sempit seperti sudut ruang, Anda membutuhkan kuas ukuran kecil agar hasil cat tidak berantakan.

Gunakan Teknik ZigZag

Lakukan pengecatan dengan metode zig-zag dari atas ke bawah berulang kali sampai dinding tertutup rata. Metode ini sekaligus digunakan untuk meratakan warna permukaan dinding.

Saat ini, hunian-hunian baru lebih berani menerapkan permainan warna, khususnya dinding. Tertarik mencari rumah baru? Temukan puluhan pilihan rumah baru di bawah Rp750 Juta di sini.

Foto: Wisegeek

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Jurus Ubah Perabotan Lama Agar Terlihat 'Wah'
Artikel Selanjutnya
6 Teknik Mewarnai Dinding Rumah Agar Terlihat Cantik