Sukses


Cara Gampang Bikin Jendela Terlihat Lebih Luas

Memiliki jendela yang besar di rumah tampak lebih menarik dipandang. Selain itu jendela yang besar juga memberikan kesan ruang lebih luas.

Liputan6.com, Jakarta Memiliki jendela yang besar di rumah tampak lebih menarik dipandang. Selain itu jendela yang besar juga memberikan kesan ruang rumah lebih besar.

Jika Anda memiliki ukuran rumah yang tidak terlalu luas, jangan berkecil hati. Kita bisa kok menyiasati membuat jendela rumah yang kecil tampak lebi lebar dengan beberapa trik seperti berikut, seperti dikutip dari Rumah.com.

Tiang Tirai

Pasang tiang tirai yang lebih panjang dari ukuran jendela. Cara ini cukup cerdas untuk membuat jendela tampak lebih lebar.

Jika cat dinding rumah Anda dan bingkai jendela Anda berwarna putih, cobalah memasang tirai dengan kain yang berwarna putih juga. Warna yang sama akan menyamarkan batas antara bingkai jendela, dan dinding.

Tirai Berbingkai

Anda juga bisa membentuk tirai menjadi ukuran yang lebih besar dari ukuran jendela sebenarnya. Caranya tutup tiang tirai menggunakan tirai kecil, lalu lapisi lagi dengan tirai panjang yang panjangnya hampir menyentuh permukaan lantai.

Tirai Tebal

Gunakan tirai kain yang memiliki volume tebal dengan tekstur halus dan berat. Ini akan membuat jendela lebih bervolume. Cara ini akan dengan sempurna menyembunyikan bentuk jendela kecil Anda.

Tutupi Dinding

Ttutupi dinding di sekeliling jendela. Cara ini dapat mengesankan ukuran jendela lebih besar. Lalu, pasang kain tirai yang lebih lebar untuk menutupi dinding di sekeliling jendela.

(Simak juga: Bikin Rumah Lebih Terang Tanpa Renovasi)

Tiang Tirai Tinggi

Pasang tiang tirai yang lebih tinggi dari jendela, tak masalah hingga menyentuh langit-langit ruangan. Cara ini akan membuat jendela tampak tinggi dan lebar.

Tirai Bermotif Vertikal

Jika Anda tidak ingin mengubah posisi tiang, Anda bisa mengakalinya dengan pemilihan motif tirai. Pilih tirai dengan motif vertikal atau garis lurus ke bawah. Cara ini juga membuat jendela tampak lebih tinggi.

Saat ini, banyak hunian baru dibangun dengan luas bangunan kecil hingga sedang. Trik di atas sangat cocok diaplikasikan untuk hunian semacam ini. Tertarik memiliki rumah baru? Temukan puluhan pilihan hunian baru di bawah Rp500 Juta di sini.

FOTO: Decoholic.com, pixabay.com

Rina Susanto

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.


Video Terkini