Sukses

Hygge, Gaya Hidup Sehat dan Bahagia ala Denmark

Liputan6.com, Jakarta Warga Eropa kini tengah gandrung dengan hygge. Hygge merupakan budaya yang dipopulerkan oleh warga Denmark yang menunjukkan gaya yang minimalis, nyaman, hangat, sekaligus lebih menikmati hidup.

Gaya hidup hygge (diucapkan: hyuga) dimulai saat musim dingin. Biasanya warga Denmark akan mengubah dekorasi rumah mereka menjadi lebih hangat, misalnya dengan menambahkan lilin, selimut rajut di sofanya, serta mengundang tamu lebih banyak untuk menikmati makan malam di rumah.

BTW Denmark dinilai sebagai negara yang warganya paling bahagia di dunia, jadi agar kita ikut bahagia, kita pun bisa menjalankan konsep hygge di rumah dengan cara berikut, seperti dikutip dari Rumah.com.

Memasak bukan beli

Jika dikalkulasikan membeli makanan jauh lebih boros dibandingkan memasak sendiri. Pasalnya dengan memasak sendiri, Anda bisa memperkirakan jumlah bahan makanan yang dibeli serta porsi yang akan dihabiskan.

Warga Denmark cenderung memasak makananya sendiri dibandingkan membeli dan agar hemat biaya, mereka memilih memasak makanan yang simpel.

Misal, masak daging dengan mengukus atau merebusnya, sehingga Anda akan lebih hemat dibandingkan menggorengnya—lebih sehat juga, kan.

Gunakan lilin

Warga Denmark percaya nyala lilin membuat suasana rumah lebih nyaman untuk beristirahat. Cobalah sesekali kurangi lampu di rumah Anda lalu ganti dengan lilin yang harum. Nyalakan musik lembut agar suasana rumah menjadi lebih tenang dan Anda pun puas beristirahat.

Baca buku bukan main gadget

Ciptakan satu ruang baca yang nyaman di rumah Anda. Tak perlu besar, satu buah sofa nyaman lengkap dengan meja untuk meletakkan buku sudah cukup, kok.

Cobalah sesekali ganti kebiasaan membaca e-book dengan membaca buku. Huruf per huruf yang ditampilkan lebih besar akan membuat mata Anda tak cepat lelah saat membacanya.

Pengharum ruangan alami

Maksudnya Anda tak harus selalu menggunakan pengharum ruangan buatan untuk membuat aroma ruangan menjadi segar. Gunakan peralatan yang memang ada di rumah dan beraroma alami.

Misalnya, biarkan aroma roti yang baru dipanggang menguar dan memenuhi ruangan rumah Anda. Atau sesekali biarkan dahulu kopi yang baru dijerang agar aromanya bisa menempel di ruangan Anda.

Cintai lingkungan rumah

Bosan di dalam rumah tak harus dengan berlibur ke luar kota atau pergi ke mall. Menikmati lingkungan sekitar justru lebih menguntungkan.

Ajak tetangga ngobrol sambil melihat sunset di sore hari yang terlihat dari kompleks rumah Anda. Sama-sama membangun lingkungan sekitar akan memberikan kenikmatan jangka panjang, yaitu Anda semakin betah tinggal di rumah, kan.

(Simak juga: Beli Rumah, Jangan Hanya Fokus Pada Bangunan)

Gaya hidup hygge ini harus ditunjang dengan suasana lingkungan hunian yang nyaman. Pengembang perumahan baru biasanya menawarkan suasana ini sebagai daya tariknya. Tertarik tinggal di hunian baru dengan suasana cluster yang nyaman? Simak pilihan hunian nyaman mulai Rp500 Juta di sini.

Foto: Visit Denmark

Rina Susanto

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Top 3 Hari Ini: Sontek Gaya Kasual Tatjana Saphira yang Stylish
Artikel Selanjutnya
6 Tren Gaya Rambut Pria 2017 Magnet Para Wanita