Sukses

Tips Bikin Kinclong Peralatan Makan dari Logam

Liputan6.com, Jakarta Peralatan makan seperti sendok, garpu, dan pajangan banyak yang menggunakan material logam sebagai bahan baku pembuatannya. Sentuhan mewah dengan harga yang terjangkau tentunya membuat logam menjadi pilihan ideal sebagai perangkat saat bersantap.

Menjelang waktu kumpul keluarga, seperti arisan dan pesta pernikahan, perabot yang satu ini tentu saja wajib tampil kinclong saat akan digunakan. Namun jika terlalu lama disimpan dalam lemari, permukaan logam rentan mengalami korosi atau kerak.

Simak juga: 3 Cara Supermudah Hilangkan Bau Amis pada Alat Makan

Lantas bagaimana cara memoles peralatan ini agar tampak cemerlang tanpa menggunakan bahan kimia berbahaya?

Seperti yang diketahui, ada beberapa macam bahan organik yang bisa dimanfaatkan untuk memoles peralatan makan silver Anda agar nampak cling. Sebut saja kulit pisang, saus tomat, pasta gigi, dan alumunium foil. Beberapa bahan alami tersebut terbukti bisa menghilangkan noda pada permukaan logam, termasuk saus tomat.

Namun bahan alami dari alumunium foil dan baking soda (ditambah beberapa bahan lainnya) juga tak kalah menarik untuk diterapkan. Resep ini dipercaya dapat menghilangkan noda kerak yang membandel pada permukaan logam.

Untuk itu simak langkah mudah membuat pembersih sendiri untuk perangkat dari logam dengan tips dari Rumah.com berikut ini.

Bahan yang dibutuhkan

  • Alumunium foil
  • Loyang terbuat dari alumunium atau kaca
  • Secangkir air mendidih
  • Satu sendok makan baking soda
  • Setengah cangkir cuka putih
  • Lap untuk memoles

Petunjuk

  1. Siapkan air untuk didihkan. Ketika dicampur dengan bahan lainnya, air mendidih berfungsi untuk mengaktifkan baking soda dan memulai proses pengubahan alumunium foil menjadi cair.
  2. Tambahkan campuran bahan yang kering (seperti alumunium foil, baking soda, dan baking dish) ke dalam sebuah loyang yang telah disiapkan. Kemudian, tuangkan cuka putih secara perlahan. Proses ini akan menyebabkan reaksi slight, untuk itu tuangkan dengan hati-hati. Anda bisa saja membersihkan peralatan logam tanpa menambah cuka putih, namun cuka berfungsi mempercepat proses pembersihan.
  3. Tuangkan air mendidih dan kemudian letakkan peralatan yang akan dibersihkan ke dalam wajan. Pastikan tiap benda tercelup penuh ke dalam cairan. Usahakan agar tiap benda tidak bertindihan. Proses pencelupan ini hanya membutuhkan waktu sekitar 30 detik namun jika ingin koleksi peralatan makan Anda nampak lebih mengkilap Anda bisa membiarkannya terendam sekitar beberapa menit.
  4. Terakhir, gunakan pencapit untuk mengeluarkan peralatan silverware keluar dari wajan dan bersihkan setiap sisi permukaan dengan menggosoknya dengan lap. Nah, sekarang peralatan makan silver Anda nampak berkilau dan siap digunakan untuk acara perjamuan makan bersama keluarga.

Tertarik ingin memiliki rumah dengan harga ringan? Simak aneka pilihannya di sini.

 

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Cara Mudah Membuat Bath Bomb untuk Mandi di Rumah
Artikel Selanjutnya
16 Benda di Rumah Anda yang Punya Kekuatan Pembersih Ajaib