Sukses

Mati Lampu? Ini Peralatan yang Wajib Dimiliki

Liputan6.com, Jakarta Pemadaman listrik di rumah tentunya akan menjadi keadaan yang cukup mengganggu, terutama ketika Anda tengah beraktivitas. Dalam sekejab semua peralatan elektronik dan perabot lain yang menggunakan daya listrik akan mati hingga waktu yang tidak bisa ditentukan.

Jika hanya berlangsung beberapa menit, mungkin Anda bisa bertahan dengan tenang, namun bagaimana jika pemadaman listrik terjadi hingga beberapa jam?

Simak juga: Trik Jitu Hindari Pemborosan Pulsa Listrik

Nah, daripada menggerutu karena listrik tak kunjung nyala, ada baiknya jika Anda berjaga-jaga sebelumnya dengan menyediakan beberapa benda yang bisa membantu Anda di kala mati lampu.

Seperti yang dirangkum dari Rumah.com, keempat benda ini terbilang praktis, mudah digunakan, ekonomis, dan dapat digunakan berulang kali saat mati lampu. Simpan di tempat yang mudah dijangkau, agar Anda tidak kesulitan menemukannya ketika lampu di rumah mendadak padam.

Senter
Ketika pemadaman listrik terjadi tiba-tiba, senter merupakan benda pertama yang perlu Anda ambil! Modelnya yang praktis membuat Anda lebih mudah menjelajahi rumah di saat gelap dan mencari barang lainnya yang dibutuhkan ketika mati lampu.

Untuk itu, letakkan senter di tempat yang Anda hapal dan mudah dijangkau.

Lampu Darurat
Selain senter yang membantu penerangan ketika berjalan di area rumah, lampu darurat memiliki fungsi utama untuk memberi pencahayaan di setiap ruangan. Di bandingkan lilin yang rentan menjadi penyebab kebakaran, lampu darurat lebih aman karena menggunakan tenaga baterai.

Bentuk lampu darurat ini juga semakin bervariasi. Ada yang berbentuk lampu tabung neon, lampu gantung petromak, sampai berbentuk bohlam yang bisa digantung di plafon rumah. Ketika selesai mati lampu, jangan lupa langsung mengisi ulang daya lampu darurat agar tetap terisi penuh.

Kipas Portabel
Kalau Anda terbiasa menggunakan pendingin udara seperti Air Conditioner atau kipas angin, tentu tidak akan merasa nyaman ketika mati listrik. Untuk itulah kipas portabel menjadi salah satu benda yang wajib dimiliki.

Kipas yang bekerja dengan tenaga baterai yang isi ulang ini tersedia dalam berbagai model dan ukuran. Harganya juga relatif terjangkau, sehingga bisa menjadi investasi murah meriah yang bisa dibawa kemanapun ketika suhu udara cukup panas.

Pengisi daya
Ketika ponsel Anda kehabisan baterai di tengah kondisi rumah yang mati listrik, pengisi daya seperti power bank akan sangat membantu. Untuk itu, pastikan power bank Anda selalu terisi dayanya untuk menjaga ponsel tetap menyala.

Selain power bank, Anda juga mungkin membutuhkan kotak berisi baterai untuk persiapan mengisi senter dan berbagai benda elektronik lainnya. Untuk kebutuhan cadangan daya yang lebih besar, Anda juga boleh mempersiapkan aki mobil atau genset untuk kasus mati listrik dalam jangka waktu yang panjang.

Ingin punya rumah di bawah Rp 500jutaan? Simak aneka pilihannya di sini.

 

Foto: Pixabay

Isnaini Khoirunisa

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua
Artikel Selanjutnya
Mau Bayar Tagihan Listrik Lebih Murah? Ini Rahasianya!
Artikel Selanjutnya
Berkebun Kini Juga Bisa Lewat Smartphone, Loh!