Sukses

Cara ini Bikin Rutinitas Bersih-bersih Tidak Lagi Menjadi Beban

Liputan6.com, Jakarta Membuat rumah selalu tampak bersih dan berkilau memang selalu menjadi keinginan setiap orang. Namun bukan berarti Anda harus menghabiskan seluruh akhir pekan dengan kegiatan bersih-bersih seperti mencuci, membersihkan debu atau menggosok lantai.

Simak juga: Ini Daftar Barang-barang di Rumah yang Harus Rutin Dibersihkan

Untuk mudahnya, ikuti tips dari Rumah.com berikut tentang apa saja yang harus dilakukan setiap hari agar acara bersih-bersih tidak lagi menjadi beban, bisa lebih cepat, dan menyenangkan.

1. Pisahkan Pakaian Setelah Digunakan

Ketika mencuci pakaian Anda biasa memisahkan pakaian putih dengan pakaian berwarna? Lakukan di awal dengan menyiapkan dua keranjang cucian yang berbeda. Satu digunakan untuk pakaian putih dan satu untuk yang berwarna.

Ketika waktu pencucian tiba maka Anda sudah tidak perlu melakukan pemisahan kembali.

2. Nyalakan Kipas Exhaust Ketika Memasak

Salah satu kegunaan dari menyalakan kipas exhaust ketika memasak adalah untuk mencegah menumpuknya noda minyak di atas meja dapur. Lakukan ini terutama ketika Anda sedang menggoreng atau membuat tumisan.

Putaran udara dari exhaust akan mengisap partikel minyak ke atas sehingga tidak akan mengotori permukaan kompor atau meja dapur.

3. Mencuci Piring Ketika Sedang Memasak

Sambil menunggu sup atau masakan Anda matang, manfaatkan waktu tersebut untuk mencuci wajan atau mangkuk yang telah digunakan sebelumnya.

Dengan cara ini Anda tidak perlu menunggu waktu makan selesai dan menumpuk semua peralatan masak sehingga sudah terlalu lelah untuk mencuci semuanya.

4. Bersihkan Sisa Sabun di Kamar Mandi

Setelah mandi di pagi hari, tambah beberapa menit untuk membersihkan sisa sabun yang menempel di dinding. Hal ini dilakukan agar noda sisa sabun tidak menjadi kotoran yang melekat di sela-sela dinding sehingga membutuhkan tenaga ekstra ketika membersihkannya.

5. Bersihkan Semua Peralatan Bersih-bersih

Penggunaan perlengkapan pembersih secara terus menerus dapat membuat seluruh kotoran terjebak di peralatan tersebut sehingga Anda menjadi perlu bekerja lebih keras dan lebih lama untuk membersihkannya.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan seluruh peralatan pembersih agar tetap memberikan hasil yang optimal. Jika perlu, ganti alat pembersih beberapa bulan sekali.

6. Lepas Alas Kaki Sebelum Masuk Rumah

Cara yang mudah untuk mengurangi kotoran dan debu masuk ke dalam rumah adalah dengan meminta semua anggota keluarga untuk melepas alas kakinya sebelum masuk rumah. Debu dan kotoran akan membuat Anda harus mengepel lantai berulang-ulang.

Selain itu, kotoran yang menumpuk di sela-sela lantai akan membutuhkan pembersihan ekstra.

7. Diamkan Cairan Pembersih

Jika Anda sedang membersihkan toilet atau bak mandi, tuang dan diamkan beberapa saat cairan pembersih khusus di perabotan tersebut. Cara ini akan membuat semua kotoran yang melekat lebih lembut sehingga Anda tidak perlu menggosokannya terlalu keras untuk membersihkannya.

Manfaatkan waktu menunggu ini untuk membersihkan bagian lain dari kamar mandi.

Tertarik ingin punya rumah seharga Rp 300jutaan? Simak aneka pilihannya di sini.

Foto: Depositphotos

Mita Agustina

REVIEW PROPERTY

Lihat Semua